LOGO

Hands-On Review: ASTONE A108 – Multimedia Player dengan Sistem Operasi Android

Part: 1 2 3

Sistem operasi Android kini tidak hanya bisa ditemui di perangkat smartphone dan tablet saja. Beberapa produk multimedia player ternyata juga mulai mengadopsi sistem operasi besutan Google tersebut. Setelah beberapa waktu berselang dari kehadiran produk multimedia player dengan sistem operasi Android di kantor kami, satu multimedia player yang juga mengusung sistem operasi Android kembali hadir di kantor kami. Kali ini, perangkat tersebut berasal dari pabrikan asal Australia, ASTONE, melalui produk mereka, A108.

Multimedia player ASTONE A108 tersebut, layaknya sebuah perangkat berbasis Android, tidak hanya mampu menghadirkan kemampuan untuk memutar berbagai file multimedia, tetapi juga kemampuan layaknya sebuah perangkat Smart TV pada televisi Anda. Dengan kemampuan tersebut, ASTONE A108 tentunya bisa menjadi teman Anda dalam memutar berbagai file multimedia koleksi Anda sekaligus menemani Anda menjelajahi Internet di televisi Anda.

Kami akan mencoba mengulas perangkat multimedia player dari ASTONE tersebut dalam artikel ini.

Paket Penjualan

ASTONE A108 hadir dalam kemasan box dengan warna dasar putih. Penggunaan sistem operasi Android di perangkat tersebut secara jelas digambarkan ASTONE dengan menyertakan logo robot hijau ala Android di kemasan multimedia player tersebut.

Dalam box tersebut, selain terdapat unit multimedia player ASTONE A108, juga terdapat beberapa perlengkapan tambahan yang diberikan ASTONE untuk mendukung operasional perangkat tersebut. Perlengkapan tambahan tersebut antara lain:

Remote Control

Adapter

Kabel HDMI dan RCA

Unit remote yang disertakan ASTONE dalam paket penjualan A108 merupakan remote standar. Namun, untuk menambah kenyamanan navigasi di sistem operasi Android yang diusung perangkat, ASTONE juga menyediakan remote dengan kemampuan motion sensing. Sayangnya, ASTONE tidak menyertakan remote tersebut dalam paket yang dikirimkan untuk dicoba di kantor JagatReview.

ASTONE A108

Sebagai perangkat yang mengusung sistem operasi Android, ASTONE A108 tentunya dilengkapi dengan spesifikasi yang memadai untuk mengakomodasi kebutuhan sistem operasi tersebut. Spesifikasi yang diusung perangkat tersebut antara lain:

  • Prosesor: Allwinner A10 (1 GHz ARM Cortex A8)
  • RAM: 1 GB
  • Storage: 4 GB NAND Flash

Secara umum, ASTONE A108 mengusung bentuk dengan bentuk yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan multimedia player yang ada di pasaran. Sedikit perbedaan yang ada, multimedia player ini memiliki ukuran yang lebih besar di bagian depan dibandingkan dengan bagian belakang. Hal itu membuat A108 memiliki bentuk trapesium bila dilihat dari sisi samping.

Bagian depan perangkat tersebut hanya dihiasi oleh sebuah LED penanda aktivitas perangkat dan receiver untuk sinyal dari remote. LED akan menyala merah ketika berada dalam kondisi off dan akan berganti warna ke biru ketika dalam kondisi on.

Tombol power dari perangkat A108 berada di sisi kiri dari perangkat. Selain tombol power, di sisi kiri perangkat juga terdapat 1 port USB 2.0 dan slot multi card reader.

Di sisi atas, terdapat sebuah kompartmen yang bila dibuka akan menampilkan port konektor SATA dan port power SATA. Kedua port tersebut bisa dimanfaatkan untuk memasang storage eksternal, seperti misalnya perangkat harddisk eksternal dari Seagate, GoFlex.

Sebagian besar port koneksi yang dimiliki perangkat ASTONE A108 ini berada di sisi belakang perangkat. Konektor tersebut antara lain adalah konektor analog, HDMI, dan RCA untuk tampilan ke perangkat display,  port Ethernet untuk terkoneksi dengan jaringan, port optical audio, 2 port USB 2.0, serta port power.

Part: 1 2 3
Random Articles
Back to Top