Hands-On Review: ASTONE A108 – Multimedia Player dengan Sistem Operasi Android

Reading time:
February 25, 2013

Penggunaan Sebagai Media Player

Kami menguji perangkat multimedia player dari ASTONE ini dengan memutar berbagai file audio, video, dan gambar yang bersumber dari USB drive dan harddisk eksternal. Segera setelah menyiapkan file-file yang akan kami gunakan dalam pengujian, kami langsung memasangkan kedua perangkat storage tersebut ke port USB yang ada di A108 dan menghidupkan perangkat tersebut. A108 membutuhkan waktu sekitar 2 menit mulai dari dihidupkan hingga siap digunakan.

ASTONE A108 2 R ASTONE A108 13 R

Tampilan utama dari sistem operasi Android yang diusung oleh perangkat multimedia player ini mirip dengan tampilan utama Android yang digunakan di perangkat tablet. Hal pertama yang kami coba lakukan adalah mencoba navigasi di tampilan utama tersebut. Navigasi yang dilakukan dengan menggunakan tombol remote terasa kurang nyaman, terlebih lagi remote yang disertakan benar-benar harus dihadapkan pada sensor yang ada di perangkat agar bisa bekerja. Hal lain yang cukup menganggu dari sistem navigasi tersebut adalah kami harus beralih ke “Mouse Mode” agar dapat mengakses menu-menu di sisi bawah layar.

ASTONE A108 12 R

Berikutnya, sebelum mencoba kemampuan dari perangkat A108 dalam memutar berbagai file multimedia, kami terlebih dahulu memeriksa bagian “Settings” dari sistem operasi Android yang ada untuk mengatur opsi resolusi tampilan. A108 menyediakan berbagai opsi untuk resolusi tampilan ke perangkat televisi.

ASTONE A108 4 R

ASTONE A108 7 R
Selain mengatur resolusi tampilan, kami juga sempat melihat bagian “About” yang menampilkan detail sistem dari A108. Terlihat bahwa A108 menggunakan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Setelah mengatur resolusi tampilan, kami langsung mencoba kemampuan perangkat ini dalam memutar file audio. A108 tidak kesulitan memutar beberapa jenis file audio yang kami gunakan, mulai dari MP3, OGG, WAV hingga FLAC. Tentu saja, kemampuan perangkat ini dalam memutar file audio berkualitas tinggi seperti FLAC secara default menjadikan player ini bisa menjadi player pilihan bagi para pecinta audio berkualitas tinggi, terlebih lagi perangkat ini juga mendukung output optical audio yang biasa digunakan pada perangkat output audio berkualitas tinggi.

ASTONE A108 17 R
Aplikasi Super-HD Player yang disediakan merupakan sebuah Media Center yang mampu menampilkan berbagai file video yang ada di media penyimpanan yang terpasang. Sayangnya, navigasi di aplikasi tersebut haruslah dilakukan dengan Mouse Mode.
ASTONE A108 21 R
Bila Anda kesulitan menggunakan Super-HD Player, sebagai alternatif, Anda bisa juga menggunakan File Manager yang memungkinkan Anda bernavigasi tanpa menggunakan Mouse Mode.

Beralih kepada file video, ASTONE A108 mampu memutar berbagai format file video maupun format container yang umum dipakai saat ini, seperti MP4, MKV, FLV, AVI, MPG, serta DAT. Untuk urusan codec, perangkat tersebut juga kompatibel dengan berbagai codec audio-video yang umum dipakai di format-format file video yang kami sebutkan di atas.

ASTONE A108 28 R
Tampilan TvdVideo yang merupakan player standar bawaan dari ASTONE A108.

Tentunya, multimedia player ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menampilkan subtitle untuk mengiringi pemutaran video. Untuk mencoba kemampuan tersebut, kami memutar beberapa file video yang disertai dengan subtitle, baik yang ter-embed maupun yang disertakan sebagai file terpisah dari file video. Dari percobaan yang kami lakukan, A108 mampu menampilkan subtitle baik yang ter-embed ke dalam file video maupun sebagai file .SRT terpisah dengan baik. Sedikit pengecualian mungkin ada pada subtitle non-linear berjenis ASS, A108 kesulitan untuk me-render subtitle secara non-linear sehingga terkadang subtitle yang tampil sedikit bergeser dari waktu tampil yang seharusnya. Sayangnya, untuk format file subtitle terpisah selain .SRT, A108 tidak bisa membukanya bersamaan dengan file video sehingga subtitle tidak tampil.

ASTONE A108 18 R
Bila Anda menginstall player selain player bawaan, Anda bisa memilih aplikasi mana yang akan digunakan untuk memutar video.

Namun, hal itu seharusnya tidak terlalu menjadi kendala mengingat sistem operasi Android yang digunakan oleh perangkat tersebut membuka kemungkinan bagi Anda untuk menginstall multimedia player lain yang mungkin saja mengusung berbagai kemampuan lebih bila dibandingkan dengan multimedia player bawaan dari ASTONE A108.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 12, 2024 - 0

Street Fighter 6 Bagi Penampakan Perdana Akuma

Kami mungkin bias, namun menyebutnya sebagai salah satu karakter paling…
March 12, 2024 - 0

Final Fantasy XVI Versi PC Hampir Rampung, Mungkin Rilis Demo

Pendekatan yang jauh berbeda dan unik dibandingkan dengan seri-seri Final…
March 12, 2024 - 0

Preview Rise of the Ronin: Tidak Sesulit Souls!

Bermain di dua pihak, ini mungkin kesan yang mengakar kuat…
March 11, 2024 - 0

Masuk First Take, Nobuo Uematsu Bawa OST Final Fantasy VII Rebirth – “No Promises to Keep”

Karir yang cukup panjang dan ragam karya yang tidak tergantikan…