in: Multimedia Player | February 25, 2013 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review: ASTONE A108 – Multimedia Player dengan Sistem Operasi Android

Penggunaan Sebagai Pendukung “Smart TV”

Dengan sistem operasi Android yang diusungnya, A108 bisa membantu Anda mentransformasi TV Anda menjadi “Smart TV” yang bisa menemani kegiatan Anda di Internet. Berbagai aplikasi yang disediakan di Google Play Store tentu saja bisa membantu Anda dalam menghadirkan berbagai kemampuan lebih di TV Anda, tentunya dengan bantuan dari ASTONE A108.

Tampilan Google Play Store di ASTONE A108.

Anda dapat melakukan berbagai hal, seperti mengakses website, mengirim pesan melalu email atau aplikasi chatting, dan lain sebagainya di televisi Anda dengan bantuan A108. Sayangnya, satu hal yang akan sedikit terasa janggal, sistem navigasi yang diusung oleh remote standar bawaan dari paket penjualan dari ASTONE A108 mungkin akan membuat Anda sedikit mengalami kesulitan dalam melakukan hal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, ASTONE menyediakan sebuah remote yang memiliki motion sensor, sehingga akan sangat memudahkan Anda dalam bernavigasi dalam sistem operasi Android yang ada. Namun, sedikit disayangkan, Anda harus membeli remote tersebut secara terpisah untuk mendapatkan pengalaman menggunakan A108 yang lebih maksimal.

Mengetik di ASTONE A108 tentunya akan terasa lebih nyaman bila menggunakan remote yang dilengkapi dengan keypad dibandingkan dengan navigasi tombol 4 arah ke huruf yang ingin kita tekan.
Help yang tersedia hanya menyediakan bahasa Mandarin dengan tulisan tradisional China.

Kesimpulan

ASTONE A108 bisa dikatakan sebagai multimedia player dengan kemampuan lebih, yang tentunya hadir berkat penggunaan sistem operasi Android. Fungsi dasar sebagai multimedia player yang ada di perangkat tersebut sudah sangat baik. Perangkat mampu mengenali dan memutar berbagai jenis file multimedia yang umum digunakan saat ini. Selain itu, bila Anda membutuhkan kemampuan lebih dari perangkat tersebut, Anda bisa menginstall berbagai aplikasi dari Play Store untuk memberikan kemampuan tambahan bagi perangkat tersebut.

Satu hal yang menjadi kendala bagi ASTONE A108 adalah remote yang diberikan di paket penjualan produk tersebut. Remote tersebut hanya mendukung input tombol yang mungkin akan terasa kurang nyaman ketika digunakan untuk bernavigasi di sistem operasi Android yang ada, mengingat Android memang dioptimalkan untuk penggunaan melalui layar sentuh. ASTONE memang menyediakan opsi remote yang mendukung motion sensing, hal yang bisa dikatakan lebih mirip dengan touch screen bila dibandingkan dengan penekanan tombol. Namun, sayangnya, remote tersebut harus dibeli secara terpisah.

Kelebihan:

  • Dukungan terhadap berbagai format multimedia terkini
  • Cukup banyak port USB
  • Docking media penyimpanan berbasis koneksi SATA (kompatibel dengan Seagate GoFlex)

Kekurangan:

  • Navigasi dengan remote control bawaan yang kurang nyaman
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags: