LOGO
,

India Akan Luncurkan Misi ke Mars Tahun Ini

Jika misi negara lain untuk menjelajahi planet Mars masih menunggu beberapa tahun lagi, India berencana untuk melakukan misi penjelajahan ke planet merah tersebut akhir tahun 2013 ini juga. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden India Pranab Mukherjee pada rapat di parlemen yang sebagian besar ditujukan untuk mengatasi masalah keuangan yang dihadapi India tahun lalu.

Salah satu strategi India untuk mengembalikan dasar negara yang solid adalah dengan meningkatkan citra dan kehadirannya di skala global. Salah satu caranya adalah dengan membuat headline di dunia eksplorasi ilmiah dunia terutama perjalanan ke luar angkasa. Dan tahun lalu India telah meluncurkan pesawat antariksa bernama Polar Satellite Launch Vehicle. Dan untuk menindaklanjuti langkah tersebut, rencananya bulan Oktober 2013 nanti India berencana mengirimkan pesawat antariksa tersebut ke planet Mars yang akan menjadikannya sebagai program antariksa pertama dari India. Untuk masuk ke orbitnya sendiri diharapkan sudah akan terlaksana pada bulan September 2014.

Misi ke planet Mars tersebut disebut Mars Orbiter yang akan fokus pada tujuan ke Mars yang khas, yakni mencari tanda-tnada kehidupan masa lalu dan untuk apa saja yang bisa menjelaskan pada sirnanya atmosfer di planet tersebut. Mars sendiri menjadi salah satu fokus yang sangat kuat untuk inisiatif perjalanan antariksa di beberapa tahun belakangan ini. Dan tak hanya pemerintah yang mencanangkan misi tersebut, namun instansi swasta pun turut bergabung. Beberapa misi ke planet Mars lainnya yang cukup sensasional dan dilakukan oleh instansi swasta antara lain Mars One dan SpaceX. Entah darimana semua uang untuk membiayai misi tersebut berasal dan untuk apa hasil penelitian akan digunakan, namun memikirkan tentang pengiriman makhluk hidup ke planet lain memang selalu menjadi hal yang sangat keren.

Random Articles
Back to Top