in: News | February 21, 2013 | by: Friska Suryawinata

MarionetteBot: Manekuin yang Akan Mengikuti Gerakan Anda

Manekuin merupakan salah satu daya tarik dari sebuah toko untuk memamerkan barang jualan mereka bagi para pelanggan. Nampaknya di jaman modern saat ini, fungsi manekuin tidak lagi hanya sekedar patung pajangan belaka, tetapi juga bisa digunakan sebagai pengintai para pengunjung toko. Di Jepang, terdapat sebuah manekuin yang juga tidak kalah uniknya. Manekuin ini dapat mengikuti gerakan yang dibuat oleh pengunjung toko!

Dinamakan MarionetteBot, dua buah manekuin yang didesain seperti seorang pria dan wanita fashionable ini diletakkan di etalase toko pakaian United Arrows di Shibuya, Jepang. Dengan berdiri tepat di depan manekuin ini, para pengunjung toko atau hanya sekedar orang lewat dapat membuat manekuin ini bergerak sesuai dengan gerakan yang dibuat oleh mereka. Tidak hanya sekedar gerakan tangan atau tubuh bagian atas saja, manekuin ini juga dapat menggerakkan kedua kakinya. Dengan kata lain, ketika pengunjung mencoba untuk berjalan, manekuin ini juga akan berjalan mengikuti gerakan tersebut.

Manekuin ini dapat bergerak dengan menggunakan teknologi Kinect. Sebuah kamera Kinect terpasang di bagian depan etalase yang menghadap ke jalanan untuk mengambil gerakan visual dari para pengunjung atau orang yang ingin mencoba menggerakkan manekuin tersebut. Untuk dapat bergerak dengan lebih leluasa, kedua manekuin ini dihubungkan dengan 16 buah kabel penggerak yang fungsinya tentu saja untuk menjadi penggerak bagian-bagian tubuh sang manekuin.

Untuk melihat lebih lanjut bagaimana cara kerjanya, Anda bisa menyaksikannya lewat video di bawah ini:

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES