LOGO

Mengintip Kualitas Visual Crysis 3 pada Detail Maksimum: CryEngine 3 yang Sebenarnya

Part: 1 2

Tepat tanggal 19 Februari 2013 lalu, game Crysis 3 yang sudah lama ditunggu-tunggu para gamer akhirnya resmi dirilis. Sejak kemunculan game Crysis pertama tahun 2007 lalu, Crysis selalu terkenal akan kebutuhan PC yang tinggi. Perlu diketahui, engine game CryEngine 2 yang digunakan pada Crysis pertama begitu ‘berat’ sehingga anda benar-benar akan membutuhkan hardware terbaru yang tercepat untuk menjalankannya pada tingkat detail maksimum (misal : AMD Radeon HD 3870X2 / NVIDIA GeForce 9800GX2 pada masa Crysis 1), sampai-sampai ada perkataan  ”Can it run Crysis?” , yang kerap ditanyakan para pengguna PC saat mendiskusikan tentang berbagai hardware high-end termutakhir , terutama VGA Card.

Pada awal kemunculan Crysis 2 di tahun 2011, sayangnya tradisi ini tidak berhasil diteruskan, karena meski menggunakan engine CryEngine 3 yang baru, Crysis 2  dioptimalkan untuk pengembangan cross-platform, yang berarti bahwa Crysis 2 akan dirilis untuk konsol video game seperti Xbox 360 dan PS3. Hal ini membuat versi PC pada Crysis 2 tidak mencapai kualitas visual yang semaksimal yang diharapkan sebelumnya, hal ini juga diperparah dengan tidak adanya versi DX11 pada PC saat pertama rilis(walau Crytek merilis patch DX11 beberapa bulan kemudian), serta minim-nya opsi kustomisasi grafis pada versi PC.

Di Crysis 3, meski juga dibuat untuk konsol (PS3 dan Xbox 360), Crytek sudah menjanjikan bahwa Crysis 3 versi PC akan memberikan gebrakan besar dalam hal grafis, misalnya saja Crysis 3 akan dilengkapi dengan hi-res textures, Tesselation , dan dibuat berdasarkan API DirectX 11 secara native(maka dari itu Crysis 3 mutlak membutuhkan kartu grafis dengan dukungan DX11). Crytek menambahkan bahwa ”There are brutal expectations around the PC version of Crysis 3. So this time we promise to melt down PCs” untuk menegaskan bahwa mereka benar-benar serius menggarap game ini.

Apakah benar bahwa Crysis 3 memberikan kualitas grafis yang dijanjikan Crytek? Mari kita simak bersama!

 

Spesifikasi testbed

Di pengujian ini, kami akan mencoba menjalankan Crysis 3 pada setting detail maksimum untuk melihat seberapa jauh kualitas gambar yang kami dapatkan. Untuk membantu supaya kami mendapat framerate yang  cukup nyaman, kami menggunakan spesifikasi PC yang cukup powerful, yakni :

  • Prosesor : Intel Core i7-3960X @ 4.5Ghz
  • Motherboard : Intel DX79SI
  • RAM : Kingston HyperX DDR3-1600, 4x 2GB (Total 8GB)
  • VGA : MSI Radeon HD 7970 Lightning @ 1150 / 1500
  • SSD : Kingston HyperX 120GB
  • PSU : Corsair AX1200 W
  • CPU Cooling : Corsair H100 Liquid Cooling
  • OS : Windows 7 Ultimate 64-bit
  • Driver VGA : AMD Catalyst 13.2 beta 6

Kami menggunakan Resolusi 1920 x 1080, preset Very High pada Crysis 3, lengkapnya bisa dilihat dibawah ini :

Tidak lupa, kami menyalakan anti-aliasing dengan mode FXAA, dan masih menyalakan Anisotropic Filtering 16X.

 

Screenshot

Tanpa menunggu lama, kami langsung memainkan beberapa level awal di game ini dan melakukan beberapa screen capture.

(klik untuk memperbesar thumbnail)

    

    

    

    

    

Dari beberapa menit bermain saja, kami sudah disambut dengan tingginya level detail yang ditawarkan game ini, begitu luar biasa!

Kami pun penasaran untuk menguji perbandingan image quality berbagai level detail, mulai dari low hingga very high.

To the next page please..

Part: 1 2
Random Articles
Back to Top