LOGO

Mengintip Kualitas Visual Crysis 3 pada Detail Maksimum: CryEngine 3 yang Sebenarnya

Part: 1 2

Perbandingan Image Quality

Indahnya pemandangan yang ditawarkan Cry Engine 3 di Crysis 3 ini membuat kami spontan berdecak kagum, tapi bagaimana dengan level detail yang lain? Kami juga mengujinya secara singkat disini! Perlu diketahui, kami tetap menyalakan FXAA dan Anisotropic Filtering 16X.

Low

  

Medium

  

High

  

Very High

  

Tak disangka, bahkan level detail yang terendah sekalipun masih dapat memberikan tampilan yang cukup menawan. Disini, perbedaan yang terlihat antara berbagai level detail pun cukup halus dan tidak langsung terasa. Misalnya saja, pada tingkat detail low , beberapa tekstur dari objek yang berada cukup jauh dari pemain terlihat agak ‘blur’, dan tekstur-tekstur ini terlihat sedikit lebih tajam pada tingkat detail medium. Demikian pula, salah satu perbedaan yang kentara dari tingkat detail medium ke high adalah tingkat pencahayaan dan bayangan yang dihasilkan berbagai objek, serta di tingkat medium, benda-benda seperti kain yang menggantung ada yang sedikit dikurangi jumlahnya.

 

Performa pada detail Very high

Rasanya tidak lengkap kalau kami tidak memberikan gambaran singkat akan performa yang bisa didapat dengan testbed kami. Kami menjalankan satu level awal (‘Post Human’) selama 3 kali berturut-turut dengan konstan lalu mengambil rata-rata FPS(frame per second) dari ketiga run tersebut. Berikut ini hasilnya :

* klik untuk memperbesar*

Ya, Crysis 3 memang sangat berat untuk sebuah HD 7970 saja. Meski kami sudah meng-overclock VGA kami ke clock 1150 / 1500 (GPU/Mem), ternyata sistem kami kebanyakan hanya berjalan pada 30-40 FPS, dan sesekali jatuh dibawah 30 FPS.

Penutup

Melalui hasil uji singkat yang kami lakukan, kami dapat mengambil kesimpulan bahwa Crytek kali ini benar-benar serius menggarap kualitas grafis Crysis 3. Meski sama-sama menggunakan engine CryEngine 3, terdapat perbedaan yang kentara antara  tampilan dari game Crysis 3 dan Crysis 2 (yang juga menggunakan CryEngine 3), terutama dari detail lingkungan dan pencahayaan yang ditawarkan di Crysis 3.

Dan sudah pasti, Crysis 3 akan kembali ‘menyiksa’ PC anda dengan kebutuhan sistem yang tinggi. AMD Radeon HD 7970 kami yang sudah dioverclock cukup tinggi ke 1150/1500 (GPU /Memory) pun masih belum sanggup untuk menjalankan Crysis 3 pada detail Very High dengan full 60 FPS keatas, rata-rata FPS yang paling sering kami temui di sistem kami adalah 30-40an, dengan rata-rata FPS sebesar 50 FPS. Nampaknya kami akan membutuhkan 2(dua) buah GPU high-end untuk memastikan bahwa kami benar-benar berjalan pada 60 FPS++ di tingkat detail Very High ini, seperti HD 7970 CrossfireX, ataupun NVIDIA GTX 680 SLI. (Atau mungkin, sebuah GeForce GTX Titan :p)

Akhir kata, Crysis 3  membuktikan bahwa Crytek mampu memberikan pengalaman visual yang mengagumkan lewat CryEngine 3-nya, usaha mereka untuk kembali menarik perhatian para gamer PC dengan cara ini patut diacungi jempol! Memang, grafis yang baik saja tidak cukup untuk dijadikan penilaian akan bagus/tidak-nya sebuah game, tapi selalu menyenangkan bagi kami(terutama gamer PC) untuk melihat bahwa masih ada developer game di luar sana yang peduli dengan kualitas grafis dari gamenya dan membuktikan superioritas grafis PC sebagai leading performance platform game-game modern, ketimbang melihat game-game dengan kualitas grafis ala ‘console port’.

Sampai jumpa di artikel kami yang berikutnya!

Tesselated Toads, anyone? :p

 

Part: 1 2
Random Articles
Back to Top