LOGO
,

Nikon Tandatangani Kerjasama Hak Paten Android dengan Microsoft

Menyusul Samsung yang sudah mempopulerkan Galaxy Camera, yakni kamera digital yang dijalankan dengan OS Android, Nikon pun akhirnya menandatangani kerjasama hak paten penggunaan OS tersebut untuk kameranya. Nikon bergabung dengan vendor lainnya yang lebih dahulu telah bekerja sama dengan Microsoft, dimana Microsoft lah yang memegang sejumlah hak paten yang banyak digunakan di OS Android milik Google.

Dalam pernyataan yang diwakili David Kaefer, general manager of Intellectual Property (IP) Licensing, Microsoft menyebutkan bahwa pihaknya dan Nikon telah memiliki sejarah kerjasama yang panjang, dan perjanjian ini lebih lanjut akan mendemonstasikan nilai antara kedua perusahaan dalam meletakkan tanggung jawab pada lisensi kekayaan intelektual. Microsoft pun dengan bangga menjalin kerja sama dengan leader di industri kamera digital tersebut untuk membuat lisensi teknologi Android yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen Nikon untuk produk-produk kamera digital Nikon tertentu. Isi kerjasama sendiri tidak diungkapkan, namun Microsoft akan menerima royalti dari Nikon.

Sejak meluncurkan program lisensi IP pada Desember 2003, Microsoft memang telah mengantongi lebih dari 1100 perjanjian lisensi dan melanjutkan pengembangan program yang membuatnya bisa diterima konsumen, partner dan kompetitor untuk mengakses portofolio IPnya. Dan perjanjian paten dengan Nikon tersebut merupakan contoh lain dari peran penting IP bermain dalam memastikan ekosistem IT yang sehat dan bersemangat. Program itu sendiri dikembangkan untuk membuka akses ke investasi R&D Microsoft dan perkembangannya yang signifikan, paten yang luas dan portofolio IP. Program lisensi paten khusus dari Microsoft untuk pembuat device Android dihasilkan dari penandatanganan perjanjian lisensi dengan berbagai vendor termasuk Samsung, LG, HTC, Acer dan Barnes & Noble.

Random Articles
Back to Top