in: News | February 20, 2013 | by: Dimas Galih Windujati

NVIDIA Meluncurkan Tegra 4i: Quad Core Cortex A9 Irit Baterai!

Beberapa waktu yang lalu, NVIDIA telah meluncurkan sebuah System On Chip dengan nama kode “Wayne” yang kita kenal sebagai NVIDIA Tegra 4. Hanya selang satu bulan saja, pada tanggal 19 Februari 2013, NVIDIA meluncurkan sebuah SoC pertama mereka yang memiliki fungsi LTE terintegrasi. SoC tersebut memiliki kode nama “Grey” dan dikenal dengan nama NVIDIA Tegra 4i.

SoC yang satu ini tidak menggunakan prosesor quad core Cortex A15 seperti pada NVIDIA Tegra 4. NVIDIA mengklaim bahwa prosesor yang digunakan merupakan varian terbaru yang memiliki core ARM paling efisien, R4 Cortex A9, sebanyak empat core dengan kecepatan 2,3 GHz, ditambah satu buah core hemat daya. Untuk konektivitas LTE, NVIDIA mengintegrasikan modem LTE dengan NVIDIA i500. Selain itu, pada Tegra 4i juga diperkenalkan Chimera, sebuah arsitektur komputasi khusus fotografi, yang pertama kali memiliki feature Always On HDR, Panoramic HDR, serta Tap to Track.

“NVIDIA untuk pertama kalinya memberikan sebuah prosesor yang terintegrasi yang memrikan kekuatan untuk semua fungsi utama dari sebuah smartphone,” ujar Phil Carmac, wakil presiden senior dari bisnis Handphone di NVIDIA. “Ponsel Tegra 4i akan memberikan daya komputasi yang luar biasa, ponsel dengan kemampuan kelas dunia, dan baterai yang sangat panjang.”

NVIDIA juga mengeluarkan sebuah ponsel blueprint yang nantinya akan menjadi sebuah basis untuk melakukan desain serta menolong para developer dalam mengembangkan sebuah smartphone dengan Tegra 4i. Nama dari ponsel tersebut adalaha Phoenix. Lalu apa perbedaan lainnya dari NVIDIA Tegra 4 Wayne? Berikut adalah tabel perbandingannya

Tegra 4

Tegra 4i

Quad-Core CPU ARM Cortex A-15 ditambah sebuah core hemat daya ARM R4 Cortex A9 ditambah sebuah core hemat daya
Tegra 4 GPU Core 72 60
LTE Opsional melalui NVIDIA i500 NVIDIA i500 terintegrasi
Chimera Ya Ya

Sumber: NVIDIA

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES