LOGO
,

Panasonic Memperkenalkan “Micro Color Splitters”: Gandakan Sensitivitas Sensor

Panasonic memperkenalkan sebuah alternatif yang nantinya akan memungkinkan sebuah sensor kamera untuk mendapatkan dua kali lebih banyak cahaya. Inovasi ini dinamakan Micro Color Splitters (MCS). Pada dasarnya produk baru ini adalah sebuah filter yang akan menggantikan filter yang umumnya terdapat pada sensor. Apa hubungan penggantian sebuah filter dengan sensitivitas sensor? Mari kita simak penjelasan dibawah!

Sensor konvensional sebetulnya buta warna. Untuk menghasilkan warna dia mengandalkan filter memisahkan warna-warna dasar (Red, Green, Blue). Susunan ini disebut Color Filter Array (CFA). Teknologi ini dinilai cukup efektif, terbukti rata-rata sensor kamera yang beredar dipasaran menggunakan sistem ini.

Walau populer, sistem CFA memiliki kelemahan yang sangat merugikan. Sistem filter yang dimiliki CFA didesign untuk hanya mengijinkan sebagian cahaya masuk. Ini menyebabkan dengan penggunaan CFA akan terjadi kehilangan cahaya kurang lebih 50-70%.

Solusi yang coba diperkenalkan oleh Panasonic adalah mengganti filter pada CFA dengan prisma. Dengan menggantikan sebuah filter dengan prisma maka tidak ada cahaya yang disaring atau terbuang. Ini semua terjadi karena prisma menggunakan prinsip kerja refraksi cahaya. Jika filter menyerap warna-warna tertentu, prisma justru menyalurkannya dan memisahkannya.

Teknologi prisma yang menjadi “jantung” dari inovasi Micro Color Splitters oleh Panasonic

Karena prisma tidak menghambat cahaya maka dengan menggunakan teknologi MCS tidak akan terjadi pengurangan cahaya sebesar yang 50-70% yang bisa ditemukan pada CFA. Dengan menggunakan teknologi Micro Color Splitters kemampuan sensor untuk menangkap cahaya akan lebih efektif. Performa pengambilan gambar pada kondisi  low light pun terdongkrak.

Foto yang menggunakan CFA (kiri) dibandingkan dengan yang menggunakan MCS (kanan)

Panasonic mengklaim dengan menggunakan teknologi ini sensivitas sensor meningkat 1 f-stop. Secara teoritis dimungkinkan untuk mendapatkan foto dengan level noise yang sama antara ISO 800 dengan MCS jika dibandingkan dengan foto ISO 1600 yang menggunakan CFA.

Satu hal yang menarik adalah teknologi Micro Color Splitters dapat langsung diadaptasi untuk menggantikan Color Filter Array  yang digunakan saat ini. Tidak diperlukan design ulang terhadap teknologi sensor yang ada dipasaran.

Sepertinya  inovasi Panasonic patut ditunggu karena apabila sudah mulai diimplementasikan dipasaran tentunya akan mengoptimalkan teknologi sensor yang ada tanpa harus ada revolusi design secara keseluruhan. Teknologi yang mudah diimplementasikan akan lebih mudah diadopsi pasar dibandingkan teknologi yang membutuhkan pasar untuk mengadopsi design baru untuk mengimplementasikan produk tersebut.

Sumber : Petapixel

Random Articles
Back to Top