LOGO
,

Peluncuran VGA AMD Radeon HD 8000 “Sea Island” Ditunda Hingga Akhir Tahun?

Graphics card masa kini biasanya memiliki siklus hidup sekitar satu tahun. Akan tetapi siklus hidup tersebut tampaknya akan mengalami pergeseran seperti terlihat pada kabar yang belum lama ini kami dapatkan di dunia maya. AMD dikabarkan baru akan meluncurkan graphics card seri HD 8000 “Sea Island” mereka paling cepat pada kuartal 4 tahun 2013. Bahkan pada skenario terburuk graphics card 28 nm itu baru akan diluncurkan pada kuartal 1 tahun 2014.

“Yes, I made that comment. I cannot say anything more than what I’ve already said, really. AMD and its partners are happy with the HD 7000 Series, and it will continue to be our emphasis in the channel for the foreseeable future. I should note that HD 8000 Series has never been so much as hinted at for a channel release. Anything to the contrary is an unsubstantiated rumor fabricated to drive traffic.” – Robert Hallock

Tentu saja kabar ini muncul bukan tanpa bukti kuat. Beberapa hal yang seperti menguatkan dugaan penundaan peluncuran graphics card AMD seri HD 8000 tercantum pada sebuah slide presentasi AMD dan Twitter yang dilontarkan Robert Hallock, AMD Marketing Manager. Seperti terlihat pada gambar di atas, hingga akhir kuartal 3 tahun 2013, graphics card seri HD 7000 “Southern Island” tetap menjadi fokus produk bagi divisi graphics card AMD. Tidak hanya itu, kicauan seorang staf AMD di media Twitter seakan menguatkan apa yang tercantum pada slide presentasi di atas.

Belum diketahui hal apakah yang menyebabkan AMD menunda peluncuran graphics card seri HD 8000 mereka hingga beberapa bulan ke depan. Sementara itu, slide presentasi lainnya mengenai hasil benchmark graphics card AMD seri HD 7000 melawan NVIDIA seri GTX 600 pada aplikasi 3DMark keluaran terbaru seakan memperlihatkan graphics card Southern Island mereka masih memiliki kekuatan baik untuk bersaing maupun untuk melewati tahun 2013 ini. Terlebih terdapat rumor lain yang menyebutkan bahwa graphics card NVIDIA seri GTX 700 juga akan mengalami penundaan hingga kuartal 4 tahun 2013.

Kabar penundaan ini tentu menjadi kabar baik bagi pengguna yang saat ini sedang menggunakan graphics card AMD seri HD 7000 maupun NVIDIA seri GTX 600 tetapi menjadi kabar mengecewakan bagi pengguna yang sudah memiliki rencana untuk memiliki graphics card AMD maupun NVIDIA generasi berikutnya. Belum diketahui apakah di masa tenggang ini baik AMD atau NVIDIA akan merilis varian terbaru graphics card seri HD 7000 atau GTX 600. Bukan tidak mungkin AMD akhirnya akan mewujudkan graphics card dual-GPU Tahiti XT mereka, Radeon HD 7990. Sedangkan untuk NVIDIA, kabar terbaru saat ini mereka sedang mengerjakan sebuah graphics card bernama GeForce Titan berbasiskan GK110 yang diperkirakan akan memiliki performa melampaui GeForce GTX 690.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda merasa senang dengan penundaan ini atau merasa kecewa karena tidak bisa segera beralih ke graphics card generasi berikutnya?

Sumber

Random Articles
Back to Top