LOGO
,

Pemenang World Press Photo 2013 Diumumkan

Setiap tahun organisasi World Press Photo memilih sebuah foto yang menonjol dan  dirasa pantas untuk menyandangkan foto terbaik. Tahun ini pun tak berbeda. Sebuah foto telah dipilih sebagai pemenang dari ratusan ribu peserta. Inilah foto yang memenangkan gelar sebagai World Press Photo 2013.

Foto yang berjudul “Gaza Burial” inilah yang berhasil menyabet gelar sebagai foto terbaik World Press Photo tahun ini. Diambil oleh fotografer kebangsaan Swedia bernama Paul Hansen di sebuah acara pemakaman di Jalur Gaza. Foto ini menggambarkan sebuah prosesi pemakaman dua orang anak lelaki dan ayah mereka yang tewas dalam sebuah serangan rudal Israel. Kesedihan terpancar jelas pada wajah-wajah mereka yang mengiringi ketiga jenazah ini menuju peristirahatan terakhir mereka.

Salah satu juri  dikutip menyatakan ” Kekuatan dari foto ini terletak  perbedaan kontras antara kesedihan dan kemarahan dari para orang dewasa yang mengantarkan dengan wajah anak-anak yang tak berdosa. Ini sebuah foto yang tak akan saya lupakan”

Selain pemenang utama terdapat pemenang-pemenang lainya dalam berbagai kategori. Yang cukup menarik adalah pemenang dalam kategori Sports Action merupakan sebuah foto menggambarkan kegiatan karapan sapi dari Indonesia. Sayangnya foto tersebut tidak diambil oleh fotografer dari Indonesia, melainkan seorang fotografer Malaysia bernama Wei Seng Chen.

Untuk menyaksikan galeri lengkap berisi semua foto peserta dari World Press Photo 2013, Anda dapat mengunjungi website mereka di http://www.worldpressphoto.org/awards/2013

Sumber : Petapixel

 

Random Articles
Back to Top