LOGO
,

[Photo Gallery] Visualisasi Foto Kadar 200 Kalori dalam Makanan dan Minuman

Untuk dapat beraktivitas sehari-hari, tentunya mengkonsumsi makanan dan minuman merupakan cara untuk mengisi energi setiap hari. Tidak hanya berdasarkan berapa besar jumlah makanan dan minuman yang dikonsumsi, tetapi harus memperkirakan juga nilai gizi yang terkandung di berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi tersebut.

Rata-rata orang dewasa membutuhkan konsumsi sebanyak 2000-2200 kalori setiap harinya, tetapi sebagian besar tidak terlalu mengerti seberapa banyak makanan yang harus mereka konsumsi untuk bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Malah, kecenderungan orang adalah makan melebihi dari kebutuhan kalori yang sesungguhnya.

Di dalam 1425 gram seledri terkandung 200 kalori.

WiseGeek mencoba untuk membuat visualisasi 200 kalori yang terkandung pada berbagai jenis makanan dan minuman sehari-hari. Tentunya, bobot dari setiap makanan dan minuman tersebut sama sekali berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan bahwa tingkat kalori pada setiap jenis makanan maupun minuman memiliki kandungan yang berbeda. Ada yang tingkat kalorinya rendah, tetapi ada juga yang memiliki tingkat kalori tinggi.

200 kalori dapat ditemukan dalam minuman Coca Cola sebanyak 496 ml.

Proyek milik WiseGeek ini memaparkan berbagai foto makanan dan minuman yang diambil menggunakan kamera digital Nikon D70 dengan pengaturan yang sama. Piring yang digunakan untuk beberapa foto juga sama, yaitu piring dengan diameter 26cm. Sedangkan untuk yang ditaruh di dalam mangkuk, diameter mangkuk tersebut adalah sebesar 16cm. Dengan ukuran piring dan mangkuk tersebut, maka Anda bisa mengira-ngira seberapa banyak jumlah makanan atau minuman yang difoto oleh tim WiseGeek tersebut.

Pecinta snack keripik kentang? Hati-hati, dalam 37 gram keripik kentang yang Anda makan, berarti Anda telah mengkonsumsi 200 kalori.

Mengapa proyek galeri foto ini dibuat? Hal ini untuk menunjukkan kepada masyarakat umum bahwa setiap makanan dan minuman memiliki kandungan kalori yang berbeda. Jika didasari dari kebutuhan kalori orang dewasa setiap harinya, maka galeri ini memiliki harapan agar setiap orang akan mulai memilih-milih makanan mana yang memang butuh dikonsumsi olehnya setiap hari. Jika seseorang mengetahui bahwa dalam 385 gram apel memiliki kadar kalori yang sama dengan 37 gram keripik kentang yang ia konsumsi, orang tersebut akan mulai berpikir dua kali untuk mengkonsumsi keripik kentang dalam jumlah yang banyak atas alasan kesehatan.

Beberapa buah foto yang dibuat oleh WiseGeek dapat Anda lihat pada galeri di bawah ini. Atau Anda bisa langsung kunjungi website resminya untuk berbagai jenis makanan dan minuman lainnya yang memiliki kadar kalori sebesar 200.

Random Articles
Back to Top