LOGO

Review Buffalo MiniStation Air 500 GB: Menyimpan Data Melalui Udara

Part: 1 2 3 4

Dengan maraknya penggunaan smartphone dan tablet pada saat ini, membuat para penggunanya akan berpikir mengenai media penyimpanan.  Yap, smartphone sekelas Apple iPhone, Google Nexus, maupun Windows Phone 8x yang tidak memiliki slot microSD tambahan pun akan berpikir untuk menambah kapasitas ruang penyimpanannya. Lalu selain media penyimpanan melalui internet atau Cloud Storage, apa lagi pemecahan masalahnya?

Buffalo datang dengan solusi kasus kurangnya penyimpanan sebuah perangkat mobile. Solusi tersebut datang melalui Buffalo MiniStation Air. MiniStation Air merupakan hard disk eksternal dengan interface USB 3.0 yang juga memiliki feature konektivitas dengan WiFi. Oleh karena itu, saat Anda jalan-jalan dengan menggunakan tas, hard disk ini tinggal ditaruh pada tas Anda dan hubungkan saja perangkat mobile Anda ke SSID yang dipancarkan oleh MiniStation Air. Hasilnya, Anda dapat mengakses seluruh file yang ada pada hard disk eksternal ini tanpa harus menghubungkan kabel apapun. Sampel yang kami dapatkan memiliki kapasitas 500 GB.

Untuk melakukan sambungan ke perangkat mobile, Anda membutuhkan sebuah kunci yang dapat ditemukan pada bagian bawah hard disk eksternal ini. Saran kami, setelah melakukan pembelian hard disk eksternal ini, catatlah kunci tersebut. Hal ini karena stiker key tersebut cukup mudah tergores. Apabila memang sudah terlanjur tergores, Anda dapat menggunakan aplikasi AOSS (saat ini hanya ada untuk Android) agar Anda dapat langsung melakukan koneksi ke MiniStation Air tanpa harus memasukkan key-nya terlebih dahulu.

Untuk mengisi file ke dalam Buffalo MiniStation Air, Anda perlu terlebih dahulu menghubungkan perangkat ini ke sebuah PC. Transfer file-nya pun dapat dilakukan dengan cepat karena hard disk eksternal ini sudah menggunakan konektivitas USB 3.0. Anda pun dapat melakukan charge baterai dengan menggunakan slot USB yang ada pada PC Anda. Sebagai informasi saja, hard disk eksternal ini mampu bertahan kurang lebih tiga setengah jam saat digunakan untuk memainkan beberapa file yang ada di dalamnya.

Pada bagian atasnya terdapat tombol power dan tombol AOSS. Nah, AOSS inilah yang dapat digunakan untuk melakukan sambungan langsung tanpa harus memasukkan key terlebih dahulu. Syarat utamanya adalah Anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi khusus AOSS ini. Sayangnya, pada saat ini aplikasi mobile-nya masih ada hanya untuk Android.

Lalu bagaimana cara melakukan koneksi ke hard disk eksternal ini? Bagaimanakah kinerjanya? Sebelum masuk ke segmen tersebut, ada baiknya kita lihat platform pengujian serta paket penjualannya.

Platform Pengujian Buffalo MiniStation Air 500 GB

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

 

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit
  • Smartphone Android
Part: 1 2 3 4
Random Articles
Back to Top