in: Gadget | February 12, 2013 | by: Dimas Galih Windujati

Review HTC 8x: Smartphone Windows Phone 8 dengan Kinerja yang Lebih Kencang

Benchmark

Tidak mudah mencari aplikasi benchmark yang ditujukan khusus untuk Windows Phone 8. Akan tetapi, kami pada akhirnya dapat menemukan lima buah benchmark yang bisa dijadikan patokan. Dua di antaranya dapat dibandingkan dengan smartphone yang memiliki sistem operasi berbeda, yaitu LinPack dan Peacekeeper. Selain itu, kami menggunakan Antutu Benchmark, WP Bench dan MultiBench.

Pada benchmark yang dapat dibandingkan dengan perangkat lain, kami mengambil pembanding yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 7. Hal ini bertujuan agar para pembaca mendapatkan patokan kecepatan pada perangkat Windows Phone 8 dengan Windows Phone 7 yang hanya menggunakan satu buah core saja.

Antutu Benchmark

AnTuTu Benchmark merupakan sebuah benchmark suite yang menguji RAM, CPU, GPU, dan Storage yang ada. Perhitungan total nilainya cukup mudah, yaitu dengan menjumlahkan nilai perolehan dari tiap detail. Sayangnya, hasil penilaian Antutu versi Windows Phone tidak dapat disamakan dengan hasil Antutu pada versi Android karena perbedaan cara pengujian pada kedua aplikasi.

WP Bench

WP Bench

Kami menggunakan aplikasi WPBench yang dapat melakukan benchmarking terhadap CPU, GPU, dan storage yang ada pada perangkat Windows Phone 8. Aplikasi ini dibuat oleh ComputeMark. Hasil penilaiannya dalam bentuk satuan kecepatan.

MultiBench

MultiBench

Multibench juga merupakan sebuah benchmark suite yang dapat melakukan benchmarking untuk mengukur kinerja CPU, Graphics, Storage, dan memori yang ada. Nilai yang dihasilkan merupakan hasil penilaian dari aplikasi itu sendiri, bukan dalam bentuk waktu atau nilai kecepatan. Pada versi terdahulu, MultiBench tidak menyertakan benchmark untuk graphics.

Benchmark –  Linpack

LinPack

Satu lagi kami menggunakan sebuah benchmark suite yang diberi nama Benchmark. Pada aplikasi ini kami menemukan fungsi perhitungan LinPack. Linpack akan mengukur seberapa baik sebuah sistem dalam melakukan perhitungan floating point.

Peacekeeper

Peacekeeper merupakan sebuah benchmark gratis yang disediakan oleh Futuremark. Pengujian yang dilakukan sebagian besar adalah untuk menguji sistem dalam bernavigasi, terutama dalam akses HTML5.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES
News | January 15, 2015 | Comments

Oppo R1C Resmi Diumumkan

Oppo membenamkan Qualcomm Snapdragon 615 64-bit dan RAM 2GB di R1C. Selain itu, pengguna juga akan menemukan memori internal 16GB lengkap dengan slot microSD
News | March 13, 2015 | Comments

MSI Hadirkan Mobile Workstation WT72

  Bila Anda memerlukan sebuah workstation mobile, Anda dapat mencari dan membeli sebuah notebook kelas gaming, misalnya MSI GT72 Dominator Pro, lalu mengganti graphics card di dalamnya dengan NVIDIA Quadro. Anda
Read More »