LOGO

Review Western Digital RE 4 TB: Hard Disk Enterprise Kapasitas Besar Khusus RAID dengan Kinerja Tinggi

Part: 1 2 3

Western Digital terkenal dengan klasifikasi penjualan hard disk mereka. Misalkan saja Green untuk mereka yang ingin sebuah hard disk dengan daya rendah, Black untuk mereka yang menginginkan kecepatan tinggi pada sebuah hard disk, Red untuk mereka yang membangun sebuah server. Kali ini, kami kedatangan sebuah hard disk untuk kalangan enterprise. Western Digital RAID Edition atau WD RE yang memang khusus untuk dipakai dengan mode RAID.

Sayang memang, kami hanya mendapatkan satu buah drive. Oleh karena itu, kami tidak dapat melakukan pengujian jika drive ini dipasang dalam mode RAID. Lalu apa yang membedakan WD RE dengan drive hard disk lainnya? Sesuai dengan namanya, WD RE dibuat khusus untuk melakukan RAID. Drive ini memiliki sebuah feature yang dinamakan Time Limited Error Recovery (TLER). TLER ini membuat sebuah hard disk tidak masuk ke dalam mode deep recovery cycle saat ada sebuah area dalam hard disk yang bermasalah. Dalam melakukan pemulihan, TLER membutuhkan hanya 7 detik saja. Jadi saat dipakai dalam mode RAID, hard disk tersebut tidak akan keluar dari array. Saat dipakai sebagai drive tersendri, TLER pun tidak akan menyebabkan penurunan kinerja.

Drive yang datang ke meja pengujian tim Jagatreview memiliki kapasitas 4 TB. Saat ini, WD RE 4TB merupakan hard disk khusus enterprise dengan kapasitas tertinggi yang dimiliki oleh WD. Hard disk dengan kontroler buatan Marvel ini pun juga menggunakan SATA 6 Gbps sebagai interfacenya.

Lalu bagaimana dengan kinerja dari hard disk enterprise yang satu ini? Sebelumnya mari kita lihat dahulu platform pengujian yang kami pakai.

Platform Pengujian WD RE 4 TB

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

 

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit
Part: 1 2 3
Random Articles
Back to Top