LOGO
,

Robovie Si Robot yang Menjadi Pelajar di Sekolah Dasar

Perkembangan teknologi untuk robot sudah semakin canggih. Setelah berbagai robot yang telah diciptakan untuk dapat memiliki wujud serta tingkah laku manusia, kini ada robot yang dikembangkan untuk belajar berinteraksi dengan manusia. Apakah caranya dengan memasukkan berbagai program pendukung? Tidak, tetapi robot ini dimasukkan ke dalam kelas belajar-mengajar di sebuah sekolah dasar di Jepang.

Sebuah model robot setinggi 1.2 meter yang dinamakan Robovie ini telah mencoba untuk masuk kelas di Sekolah Dasar Higashihikari, Tokyo, dalam minggu ini. Alasan utama mengapa robot ini dimasukkan ke dalam kelas belajar-mengajar adalah supaya Robovie dapat belajar bagaimana caranya berinteraksi dengan manusia.

Tingkat percakapan yang dimiliki oleh Robovie setara dengan tingkat percakapan anak usia 5 tahun, tetapi ia sudah dilengkapi dengan pemahaman dan percakapan sampai tingkat kelas 5 SD sebagai dasar dari program kecerdasannya. Pengetahuan Robovie didapatkan dari buku teks yang sudah dimasukkan ke dalam sistem pemprogramannya, bersamaan dengan foto wajah dan sidik jari semua pelajar dan guru di sekolah yang akan ia datangi tersebut.

Kedatangan Robovie di Sekolah Dasar Higashihikari ini disambut gembira oleh semua anak-anak. Di hari pertama, saat proses belajar-mengajar dimulai, Robovie dapat mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Saat jam istirahat tiba, robot ini pun sibuk mengamati semua siswa dan gerak-gerik mereka. Banyak anak-anak yang mencoba untuk berjabat tangan dengannya dan menanyakan berbagai pertanyaan, yang langsung direspon baik oleh Robovie.

Uji coba Robovie di Sekolah Dasar Higashihikaru ini akan berlangsung selama 14 bulan, dimulai dari tanggal 5 Februari 2013 kemarin.

Random Articles
Back to Top