LOGO

Setelah Smartphone, Ubuntu Juga Siap Bersaing di Pasar Tablet

Kehadiran smartphone yang akan mengusung sistem operasi mobile Ubuntu, dikabarkan bakal segera rampung dan diperkenalkan pada Oktober tahun ini. Canonical, selaku perusahaan pemilik dan pengembang Ubuntu, menyatakan pada awal Februari bahwa sistem operasi mobile ini akan bekerja pada jajaran tipe smartphone, mulai dari entry-level, hingga smartphone tipe high-end. Namun tampaknya, Canonical mulai memiliki rencana lain, yaitu ingin turut juga bersaing di pasar tablet.

Rencana Canonical yang ingin menghadirkan sistem operasi Ubuntu untuk perangkat tablet, tampaknya merupakan bagian dari pembuktian diri mereka akan keseriusan untuk bersaing lebih jauh terhadap pesaing-pesaing utama saat ini, di antaranya Android, iOS, dan Microsoft.

Mark Shuttleworth, pendiri dari Canonical dan Ubuntu menyatakan, “Saat ini, sejumlah interface dalam beberapa skala untuk layar sudah tersedia, di antaranya untuk smartphone, tablet, PC, dan TV”. Shuttleworth juga menambahkan multi-tasking yang dimiliki oleh Ubuntu, memiliki rancangan yang elegan, dan tingkat keamanan yang ketat untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pengguna tablet berbasis Ubuntu.

Canonical berencana akan menawarkan contoh Ubuntu untuk tablet kepada developer pada minggu ini. Untuk perangkat tablet yang akan diuji coba, kabarnya sudah tersedia dalam beragam ukuran layar, mulai dari 6 inci hingga 20 inci.

Dengan dukungan multi-tasking dan fitur-fitur lainnya, Canonical berharap kehadiran Ubuntu nantinya bisa meraih dan memikat para pecinta perangkat gadget dari berbagai kalangan pengguna.

Sumber: AllthingsD

Random Articles
Back to Top