LOGO
,

Tangan Bionik Pertama di Dunia yang Mampu Merasakan Sentuhan Telah Hadir

Perkembangan tangan palsu hingga saat ini sudah mencapai tahap di mana pasien yang mendapatkan transplasi tangan palsu tersebut memberikan sinyal dari otak kepada tangan tersebut sehingga dapat digerakkan dengan bebas seperti menggerakkan tangan sungguhan. Namun sayangnya, belum ada tangan palsu yang mampu memberikan sensor sentuhan. Walaupun begitu, peneliti telah berhasil membuat tangan palsu bionik yang tidak hanya mampu memberikan pergerakan semata, tetapi juga dapat memberikan sensasi “sentuhan” seperti tangan sungguhan.

Dikembangkan oleh para peneliti dari Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, Swiss, tangan bionik ini akan disambungkan langsung kepada sistem syaraf yang berasal dari elektroda yang dijepit pada syaraf utama lengan. Dengan ini, maka dapat diharapkan tangan bionik ini tak hanya dapat digerakan tetapi juga akan memberikan sensasi sentuh pada pasien amputasi yang mendapatkan pemasangan tangan bionik terbaru ini.

Dr. Silvestro Micera yang turut mengembangkan tangan bionik ini menyatakan bahwa perkembangan tangan bionik yang dapat memberikan sensasi sentuhan ini merupakan hal baru yang sangat diharapkan oleh para pasien amputasi. Tangan bionik ini akan menjadi alat prostetik pertama di dunia yang akan memberikan sensasi sentuh secara langsung. Semakin mirip tangan bionik ini dengan tangan manusia asli, maka akan semakin cepat diterima pula oleh para pasien amputasi yang baru pertama kali mendapatkan pemasangan tangan palsu.

Pemasangan tangan bionik ini akan diujicobakan pada pasien dari Roma di tahun 2013 ini. Uji coba tersebut tentunya akan diharapkan sukses sehingga tangan bionik tersebut dapat digunakan juga oleh para pasien amputasi yang membutuhkan alat bantu ini untuk bisa menjalani aktivitas sehari-hari layaknya seorang yang normal tanpa kecacatan tubuh akibat amputasi.

Random Articles
Back to Top