LOGO
,

TDP NVIDIA GeForce GTX Titan Mencapai 300 Watt?

Berita kehadiran mengenai kehadiran graphics card terbaru dari NVIDIA yaitu GeForce Titan memang sedang hangat sekali menjadi bahan pembicaraan di jagat maya saat ini. Sebelumnya kami juga sudah mengabarkan penampakan perdana hasil benchmark VGA NVIDIA GeForce Titan 780, menunjukan kedahsyatan single graphics card GTX Titan ini yang mampu mengalahkan pemegang rekor graphics card terkencang sebelumnya yang sudah menggunakan dual GPU seperti GTX 690, atau bahkan ARES II sekalipun!

Perolehan skor yang dihasilkan graphics card tersebut cukup mengejutkan jika data memang tersebut benar-benar valid. Namun jika kita melihat “raw power” yang dirumorkan dimiliki oleh GeForce GTX Titan berbasiskan GPU GK110 (Tesla K20), perolehan skor diatas tersebut menjadi cukup masuk diakal. Jumlah total SMX yang dimiliki GK110 sendiri mencapai 15 unit yang berarti terdapat 2880 CUDA cores didalamnya, dan diperkirakan untuk GeForce GTX Titan NVIDIA akan membatasinya sekitar 13 atau 14 unit SMX agar mempermudah proses manufakturnya (yielding).

Pada Tesla K20 diketahui GPU GK110 yang digunakan tersebut berjalan pada core clock 706 MHz saja, untuk sebuah GPU dengan proses fabrikasi 28nm clock 706 MHz memang masih tergolong rendah, tetapi NVIDIA memang mendesain GPU Tesla ini sebagai “SuperComputer” yang akan berjalan secara konstan dan membutuhkan reliability dan durability yang tinggi, sehingga mereka membatasi TDP GPU tersebut hingga 225 Watt.

Lalu bagaimana dengan GK110 yang akan digunakan pada GeForce GTX Titan? Dengan jumlah CUDA Cores yang sangat massive tersebut, akan cukup sulit untuk mendongkrak frekuensi GPU tersebut dengan clock yang tinggi karena akan membebani TDP dari GPU ini dengan sangat signifikan. Beberapa spekulasi menyebutkan bahwa Titan akan berjalan pada TDP 235 Watt, namun beberapa sumber juga menyebutkan jika graphics card ini bisa mencapai TDP hingga 300 Watt, karena itu spesifikasi frekuensi dari GPU ini masih menjadi misteri. Mari kita tunggu saja keputusan final dari NVIDIA saat perilisan graphics card “monster” ini tidak lama lagi.

Random Articles
Back to Top