LOGO
,

Wujud Sony NEX-3N Bocor Di Dunia Maya

Tidak diragukan bahwa seri NEX dari Sony merupakan salah satu lini kamera mirrorless tersukses dipasaran saat ini. Kesuksesan ini tidak membuat Sony berpangku tangan dan puas dengan apa yang telah dicapainya. Terbukti bahwa generasi berikutnya dari lini entry level  milik seri NEX telah dipersiapkan. Walau raksasa Jepang ini belum mengumumkan kamera tersebut tetapi foto dari generasi berikutnya NEX-3 telah muncul di internet. Seperti apakah wujudnya?

Gambar yang didapatkan oleh situs SonyAlphaRumors.com ini menunjukkan sekilas bagian atas dari kamera yang akan diberikan nama NEX-3N. Terlihat beberapa perubahan dilakukan Sony pada penerus NEX3-F3 ini. Yang terlihat paling mencolok adalah hilangnya Smart Accessory Port untuk menghubungkan aksesories tambahan seperti Electronic View Finder (EVF). Mungkin Sony merasa untuk kelas entry level  aksesories seperti EVF tidak diperlukan.

Layout dari tombol sedikit dirubah oleh Sony. Tombol Play yang tadinya terletak didekat Movie Mode digeser kebagian atas kamera. Ukuran yang pun dibuat sedikit lebih besar dari sebelumnya. Perubahan ini mungkin dilakukan demi kenyamanan pengguna awam yang baru saja beralih ke kamera kelas ini.

NEX-3N juga menambahkan sebuah fitur yang sebelumnya belum pernah hadir pada kamera mirrorless. Kamera ini menyertakan sebuah tombol zoom! Fitur elektronik zoom ini biasanya hadir pada kamera compact. Sekali lagi sebuah langkah yang diambil agar pengguna yang beralih dari kamera kelas point & shoot merasa lebih nyaman dan familiar dengan kontrol kamera ini.

Tentunya keputusan Sony mengadopsi fitur zoom elektronik membuat kamera ini tidak kompatibel dengan lensa Sony yang telah beredar dipasaran saat ini. Lensa yang bisa menggunakan fitur ini hanyalah lensa PZ (Power Zoom) dari Sony. Lensa PZ yang paling umum ditemukan adalah Sony 16-50mm PZ yang merupakan lensa kit dari Sony NEX-6.

Sekilas mencermati langkah-langkah yang diambil pada kamera diatas menunjukkan bahwa Sony ingin memperjelas batasan antara berbagai kelas NEX yang dipasaran. Sudah jelas terlihat pada NEX-3 memang diperuntukkan untuk mereka yang baru pertama kali memiliki sebuah kamera mirrorless. Semua fitur yang diusung NEX-3N bertujuan untuk membuat pengguna lebih nyaman ketika beralih ke kamera baru ini.

Sumber : Petapixel

Random Articles
Back to Top