LOGO
,

Gigabyte GA-Z87X-OC Tunjukkan Wujudnya di CeBIT 2013

Pada bulan Maret 2013 ini nampaknya ada banyak kejutan yang disiapkan berbagai vendor dalam menyongsong ajang CeBIT 2013. Salah satu dari kejutan tersebut adalah munculnya beberapa motherboard berchipset Intel Z87 yang diperuntukkan untuk prosesor Intel Core 4th-Generation : Haswell. Dari berbagai motherboard Z87 yang dipertontonkan pada CeBIT, ada satu motherboard yang menarik perhatian kami, yakni motherboard Gigabyte GA-Z87X-OC.Tidak seperti ‘saudara-saudara’nya yang menyandang akhiran ‘-UD’ atau ‘-UP’, motherboard ini menyandang akhiran ‘-OC’, yang berarti: motherboard ini merupakan Seri OC yang legendaris!

GA-X58A-OC: Motherboard Seri OC dari Gigabyte yang pertama

Sudah dua generasi ini kita tidak melihat motherboard Gigabyte yang menyandang nama OC series, dan produk mainboard high-end dari Gigabyte sejak X79 meski terlihat jelas memiliki dukungan fitur overclocking yang luas dan melimpah, selalu diberi akhiran ‘-UP7′ atau ‘UD7′ dan bukan’-OC’, seperti GA-X79_UD7(yang pernah kami uji disini), dan juga motherboard GA-Z77X-UP7. Motherboard yang menyandang nama ‘-OC’ yang pernah kami uji adalah Gigabyte GA-X58A-OC, yang merupakan motherboard khusus overclocking pertama di Dunia, dan menjadi salah satu motherboard dengan dukungan fitur overclocking terbaik di kelasnya.

Dengan memberikan ‘gelar’ -OC pada produk Z87-nya, tentu Gigabyte sangat yakin akan kemampuan overclocking motherboard-nya, dan menyematkan banyak fitur-fitur yang akan membantu para extreme overclocker mencapai skor benchmark tertinggi dan memecahkan berbagai rekor dunia.

Berikut ini penampilan Gigabyte GA-Z87X-OC, disadur dari situs Lab501.ro :

Sesuai dengan namanya, motherboard ini memang terlihat sudah disiapkan untuk menghadapi berbagai ‘siksaan’ kejam para extreme overclocker. Yang mencolok disini adalah banyaknya voltage check point yang diberikan, serta berbagai DIP-switch (LN2 mode?) dan juga onboard button yang tersedia (kemungkinan besar untuk pengaturan OC secara real-time).

Belum banyak data mengenai overclockability dari prosesor Intel Core 4th-Gen ‘Haswell’ (walau dirumorkan prosesor terbaru ini akan memiliki OCability diatas Ivy bridge) , tapi nampaknya dengan GA-Z87X-OC, Gigabyte sudah menyiapkan diri untuk dapat memaksa prosesor Haswell tersebut hingga batas termaksimalnya.

Mari kita tunggu sepak terjang dari motherboard seri OC ini, saat prosesor Haswell sudah dirilis tentunya!

Sumber: Lab501

Random Articles
Back to Top