in: Input Devices | March 19, 2013 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review: Logitech Wireless Combo MK270 – Paket Keyboard-Mouse Wireless Terjangkau

Keyboard

Perangkat keyboard K270 dalam Wireless Combo MK270 merupakan keyboard dengan ukuran full size yang dilengkapi dengan numpad. Ukuran keyboard tersebut tidak berbeda jauh dengan kebanyakan keyboard standar yang ada di pasaran. Konstruksi keyboard tersebut terasa cukup kokoh ketika digunakan, baik dalam posisi “tidur” maupun ketika dalam posisi miring dengan menggunakan penyangga yang disediakan.

Walaupun tipis, penyangga untuk posisi miring yang ada di K270 mampu menahan keyboard tersebut dalam posisi miring.

Ketika digunakan untuk mengetik, keyboard di paket Wireless Combo MK270 ini bisa dikatakan cukup nyaman. Ukuran tombol yang diusungnya tidak terlalu besar, tetapi juga tidak terlalu kecil. Jarak antar tombol yang ada tidak terlalu rapat, sehingga tidak menganggu kenyamanan saat digunakan untuk mengetik dengan cepat. Selain itu, tombol yang ada juga tidak terlalu berat ketika ditekan sehingga mendukung penggunaan untuk mengetik dalam jangka waktu lama.

Layout standar diadopsi Logitech untuk keyboard K270.
Deretan tombol fungsi yang terletak di atas tombol standar keyboard.
Switch on/off yang terletak di samping lampu indikator untuk Caps Lock.

Logitech melengkapi keyboard di paket Wireless Combo MK270 tersebut dengan beberapa tombol fungsi tambahan, antara lain tombol play/pause, mute, volume up, volume down, homepage, power, serta shortcut untuk email client dan kalkulator. Tombol-tombol tersebut dapat langsung berfungsi tanpa perlu menginstall driver atau aplikasi apapun.

Mouse

Berbeda dengan keyboard yang konstruksinya cukup kokoh, kesan pertama yang kami dapat ketika mengenggam mouse M185 dalam paket Wireless Combo MK270 ternyata bertolak belakang. Mouse yang disertakan dalam paket tersebut terasa ringkih dan tidak terlalu mantap ketika digenggam.

Terlepas dari konstruksi yang terasa ringkih tersebut, mouse tersebut terasa cukup nyaman ketika digunakan. Ukuran yang diusungnya tidak terlalu besar, namun cukup pas untuk digenggam, baik oleh pengguna yang memiliki tangan besar maupun kecil. Tombol yang ada tidak terlalu berat ketika ditekan dan mampu menghasilkan respon yang cukup baik ketika digunakan untuk melakukan double-click. Sayangnya, tombol-tombol tersebut menghasilkan suara yang cukup menganggu ketika ditekan.

Untuk scroll-wheel, walaupun terasa kurang mantap, scroll-wheel yang ada mampu menjalankan fungsi navigasinya dengan presisi yang cukup baik. Demikian pula ketika ditekan, tombol di scroll-sheel tersebut bekerja dengan baik.

Kesimpulan

Ketika digunakan untuk kegiatan sehari-hari kami, keyboard dan mouse dari paket Wireless Combo MK270 bisa dikatakan mampu menjadi teman yang cukup menyenangkan untuk menemani kegiatan sehari-hari. Hanya saja, ketika memegang kedua perangkat secara bersamaan, mouse di tangan kanan dan keyboard di tangan kiri, pengguna bisa jadi akan langsung merasakan perbedaan built quality antara kedua perangkat.

Penggunaan unifying receiver yang berukuran kecil tetapi mampu mengakomodasi koneksi dari lebih dari satu perangkat sekaligus tentunya menjadi nilai lebih dari paket keluaran Logitech ini. Hal itu tentunya akan sangat membantu ketika pengguna akan menggunakan perangkat tersebut di perangkat dengan jumlah port USB terbatas, seperti di laptop. Selain itu, ukuran kecil yang diusung unifying receiver tersebut juga tidak membuat keyboard dan mouse mengalami input lag. Bahkan, ketika kami mencoba menggunakan keyboard dan mouse yang ada dari jarak yang cukup jauh, input lag tetap tidak terjadi.

Kelebihan:

  • keyboard memiliki konstruksi yang kokoh
  • tidak terasa adanya input lag walaupun receiver yang digunakan berukuran kecil
  • unifying receiver

Kekurangan:

  • mouse terasa ringkih, kurang mantap ketika digenggam
Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES