in: News | March 9, 2013 | by: Friska Suryawinata

Kinect Fusion Membuat 3D Modeling Lebih Mudah dan Efisien

Membuat model 3D bukanlah perkara yang mudah. Selain membutuhkan detil yang baik dari obyek yang dibuat, proses pembuatan model 3D memakan waktu yang cukup banyak. Namun teknologi saat ini sudah membuat proses pembuatan 3D menjadi lebih mudah dengan adanya berbagai perangkat pendukung. Salah satunya adalah software pendukung kamera Kinect yang bernama Kinect Fusion, yang sempat dipamerkan oleh Microsoft pada SIGGRAPH 2011 lalu kemudian dikembangkan untuk diperkenalkan kembali pada November 2012.

Dengan menggunakan Kinect Fusion, yang diintegrasikan dengan kamera Kinect, dapat merekam sekaligus membuat render 3D model dari obyek yang diambil gambarnya menggunakan kamera Kinect. Yang perlu dilakukan oleh penggunanya adalah merekam benda apapun yang ingin dijadikan model, lalu Kinect Fusion akan menangkap benda tersebut untuk diubah menjadi model 3D pada komputer dengan lebih cepat dan cukup detil.  Selain itu, ketika hendak merekam gambar obyek yang kecil, terdapat opsi untuk menggerakkan bendannya sendiri atau tetap menggunakan sensor kamera Kinect.

Selama ini kamera Kinect dianggap sebagai kamera statik yang harus diletakkan di satu tempat untuk performa yang lebih maksimal. Namun dengan adanya Kinect Fusion ini, kamera Kinect tersebut pun dapat digunakan seolah kamera pada umumnya untuk merekam atau mengambil gambar. Kinect Fusion ini diperkenalkan pada TechFest Technology Fair yang dikembangkan bersama Kinect for Windows dan Microsoft Research di Cambridge. Pihak pengembang sendiri juga mengatakan bahwa Kinect Fusion ini akan dirilis sebagai update untuk Kinect for Windows SDK.

(Sumber: Gizmag, Microsoft Research Blog)

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES