LOGO
,,

Membangun PC Gaming Mini-ITX dengan Prosesor AMD A6-5400K dan MSI FM2-A75IA-E53

Part: 1 2 3 4 5 6 7

 

Menurut beberapa percakapan yang kami amati saat membeli PC di daerah pertokoan Mangga Dua, Jakarta, ada ‘kepercayaan’ unik yang beredar di antara para pengguna PC. Beberapa pengguna tersebut mempercayai bahwa semakin kecil ukuran fisik sebuah PC, semakin buruk performanya. Misalnya saja  komponen motherboard, dimana motherboard dengan ukuran kecil seperti mini-ITX atau Micro-ATX dianggap lebih inferior dibanding motherboard berukuran Full-ATX, sehingga tipe-tipe motherboard microATX maupun mini-ITX seringkali dihindari para user.

Besar = Bagus ?

Demikian halnya juga dengan ukuran sebuah PC, masih ada anggapan bahwa SFF PC (Small Form Factor PC) hanya cocok digunakan untuk pekerjaan kantor yang ringan, dan tidak cocok digunakan untuk bermain game. Maka dari itu, tidak heran jika ada yang berpendapat bahwa PC yang digunakan untuk bermain game haruslah tampil ‘sangar’ dengan ukuran casing yang berukuran besar pula. Di lain pihak, ada juga pengguna PC yang mendambakan sebuah PC yang kecil, hemat ruang dan hemat daya, cocok untuk diletakkan di ruang tamu atau meja belajar.

Pertanyaannya: Mungkinkah membangun sebuah sistem yang berukuran mungil namun masih cukup bertenaga untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari, sampai menjalankan game 3D yang cukup berat?

Mungkin!

Di artikel ini, kami akan menunjukkan cara membangun sebuah PC mungil dengan tinggi hanya 22 cm, masih cukup bertenaga untuk bermain beberapa game 3D, hemat daya, dan pastinya tidak merusak kantong Anda terlalu dalam!

Ruang Lingkup Pengujian + Target Spesifikasi

Pre-testing sebelum sistem dimasukkan ke casing

Pembahasan kami dalam artikel ini meliputi:

  • Pemilihan komponen + perakitan PC mini-ITX + konfigurasi sistem
  • Uji performa sintetis, baik CPU  dan GPU
  • Game test, mulai dari game mainstream popular hingga game berat
  • Uji konsumsi daya

Tentunya, kami sudah mempertimbangkan target spesifikasi PC mini-ITX ini, supaya bisa memenuhi kebutuhan beragam pengguna. PC yang kami buat harus memenuhi 6 (enam) persyaratan sebagai berikut :

  1. Berukuran relatif kecil, tidak terlalu ‘bulky’, dengan dimensi sekitar 20 x 8 x 25 cm(panjang x lebar x tinggi), atau kurang lebih mirip ukuran konsol video game seperti PS3 Slim
  2. Konsumsi daya dibawah 100 W (AC Load) saat menjalankan game berat
  3. Memiliki Graphical Processing Power yang mencukupi untuk bermain game mainstream setidaknya di resolusi 720p (1280 x 720) pada framerate yang nyaman (30 – 40 FPS)
  4. Bisa menjalankan berbagai tugas harian yang umum dengan nyaman dan responsif, misal office application, editing multimedia ringan, menonton Film HD
  5. Konektivitas I/O lengkap, harus ada USB 3.0.
  6. Harga total sistem (casing beserta isinya) sekitar Rp. 4 juta-an, maks 5 juta.

Daftar Isi

Berikut kami sertakan daftar isi, untuk memudahkan anda bernavigasi dalam artikel ini :

Part: 1 2 3 4 5 6 7
Random Articles
Back to Top