LOGO

Mengunyah Permen Karet Dapat Membantu Daya Konsentrasi

photo © Courts ツ

Anda salah satu orang yang sangat suka dengan permen karet dan sering mengunyahnya, terutama untuk menemani kegiatan Anda sehari-hari? Berita baik bagi Anda sebab penelitian terbaru yang dilakukan oleh Kate Morgan dan kolagenya di Cardiff University membuktikan bahwa mengunyah permen karet dapat membantu Anda berkonsentrasi lebih lama ketimbang yang tidak.

Penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Psychology pada tanggal 8 Maret 2013 kemarin telah membuktikannya. Dalam penelitian ini, Kate Morgan melibatkan 38 orang partisipan yang dibagi menjadi dua grup terpisah, satu grup yang bekerja sembari mengunyah permen karet dan satu grup lainnya yang tidak mengunyah permen karet. Kedua grup ini diperintahkan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dalam waktu 30 menit. Tugas yang diberikan bukan tugas tertulis, melainkan tugas secara lisan yang akan memberikan deretan angka dari angka 1 hingga 9. Para partisipan diminta untuk berkonsentrasi terhadap deretan angka yang dibacakan. Jika mendapati deretan angka yang terbentuk dari angka ganjil, mereka harus menuliskannya secara tepat dan akurat. Selain tugas lisan tersebut,  partisipan juga diminta untuk mengisi kuesioner sebelum dan sesudah tugas utama diberikan.

Hasil akhirnya menyatakan bahwa yang mengunyah permen karet terbukti memiliki tingkat konsentrasi lebih tinggi serta lebih cepat dalam mengerjakan tugas ketimbang yang tidak mengunyah permen karet. Pada grup yang tidak mengunyah permen karet, performa mereka lebih baik di awal pengerjaan tugas. Namun semakin lama mereka mengerjakan, semakin turun performa yang mereka tunjukkan. Lain halnya dengan grup yang mengerjakan sambil mengunyah permen karet, di mana konsentrasi mereka bisa bertahan lebih lama sehingga performa mereka tidak menurun sedrastis grup yang tidak mengunyah permen karet.

Jadi, jika Anda berniat untuk mengerjakan tugas dan butuh konsentrasi dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda bisa mencoba mengerjakannya sambil mengunyah permen karet sambil mengerjakannya untuk meningkatkan daya konsentrasi.

(source: British Journal of Psychology)

Random Articles
Back to Top