LOGO

Mulai 1 Juli Google Reader Akan Ditutup

Anda pengguna Google Reader? Bersiaplah untuk meninggalkan aplikasi web dari Google ini. Google telah mengumumkan bahwa mereka akan menutup Google Reader per 1 Juli 2013.

Berita ini muncul pertama kali dari sebuah posting blog resmi dari Google, mereka berkata:

“Kami meluncurkan Google Reader di tahun 2005 sebagai usaha dalam memudahkan pengguna untuk menemukan dan menyimpan website-website favorit mereka. Walau sampai saat ini produk ini memiliki pengikut setia, namun penggunaannya sendiri semakin menurun. Jadi, mulai 1 Juli 2013 kami akan memensiunkan Google Reader.

Pengguna dan pengembang yang tertarik dengan aplikasi RSS reader alternatif lainnya dapat mengekspor data mereka dengan menggunakan Google Takeout sampai empat bulan mendatang ini.”

Google Reader merupakan aplikasi pembaca RSS di mana pengguna dapat membuka dan membaca website-website berita favorit mereka dengan cara berlangganan RSS dari website-website tersebut. Google Reader dapat membantu mengoleksi dan mengelola RSS milik pengguna sehingga dapat dibaca dengan nyaman.

Penutupan Google Reader ini termasuk dalam aktivitas “Spring Cleaning” Google yang sering mereka lakukan untuk menutup layanan-layanan  mereka yang kurang diminati pengguna lagi. Google Reader sendiri sebenarnya cukup menjadi favorit pengguna dan telah mengalami iterasi update selama masa hidupnya sejak 2005, mulai dari update feature hingga update tampilan besar-besaran.

Bagi Anda yang masih menggunakan Google Reader, terutama untuk smartphone, Anda dapat beralih ke alternatif lain seperti Feedly, Press ataupun Reeder yang sudah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan berhenti berfungsi bilamana Google Reader tutup.

via Google Reader blog

Random Articles
Back to Top