LOGO

Pemenang Intel Science Talent Search 2013 Adalah Siswi Berusia 17 Tahun

Setiap tahunnya, Intel mengadakan Intel Science Talent Search yang merupakan ajang kompetisi ilmiah yang diadakan di Amerika Serikat dan selalu memiliki lebih dari 1.700 peserta. Kompetisi ini bertujuan untuk mengajak para siswa tingkat Sekolah Menengah Atas untuk melakukan penelitian di bidang ilmiah, matematika dan teknologi yang diharapkan dapat menginspirasi berbagai karya dan perkembangan teknologi di masa depan.

Para pemenang Intel Science Talent Search 2013 telah diumumkan minggu ini, dan para pemenang utamanya adalah para siswa berusia 17 tahun. Pemenang posisi pertama adalah Sara Volz, seorang siswi dari Colorado, yang membuat penelitian mengenai sel algae yang memiliki kandungan minyak tinggi. Yang membuat penelitian milik Volz ini menarik adalah bahwa kandungan minyak pada algae ini dapat dikonversi untuk digunakan untuk menjadi bahan bakar nabati.

Salah satu juri kompetisi, David Marker, seorang profesor dari University of Illinois, menyatakan bahwa penelitian milik Sara Volz ini menarik dan bisa dilakukan setelah Volz sendiri menelitinya selama bertahun-tahun lamanya. Marker sendiri juga kagum dengan antusias serta kerja keras yang dilakukan oleh Volz. Tidak hanya dalam penelitiannya, Volz juga mahir dalam matematika dan mampu menjawab berbagai pertanyaan matematika tingkat yang lebih susah dengan mudah.

Pemenang kedua adalah Jonah Kallenbach, siswa dari Ambler, yang membuat penelitian berjudul “Characterizing and Identifying Interactions of Intrinsically Disordered Proteins”. Penelitian ini memfokuskan pada rantai protein yang “kelainan” yang kemungkinan besar dapat diteliti lebih lanjut untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti kanker panyudara, kanker ovarium, dan tuberkulosis. Sedangkan pemenang ketiga adalah Adam Bowman dari Brentwood, dengan penelitiannya tentang cara membuat ionized gas yang dikenal dengan nama plasma dengan lebih murah dari yang biasanya dilakukan oleh penelitian pada umumnya.

Random Articles
Back to Top