LOGO

[PR] Mega Bazaar Computer Jakarta 2013

Menguak Proyeksi Pasar TI Indonesia

Jakarta, 6 Maret 2013 – Indonesia masih menjadi pasar yang menarik bagi industri TI seiring dengan gencarnya vendor-vendor di bidang ini memasarkan produknya. Angka melek teknologi yang semakin tinggi menjadikan para vendor tetap optimis bahwa bisnis TI tetap seksi di tahun 2013.

Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Yayasan Apkomindo) mengungkapkan bahwa tahun ini pasar konsumen akan tetap diramaikan oleh penjualan tablet PC yang diperkirakan bisa mencapai angka 60% di akhir tahun. Hal tersebut sejalan dengan perilaku konsumen Indonesia yang semakin terbuka terhadap internet, dimana menurut prediksi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) penetrasi pengguna internet tahun 2013 bisa naik 30% atau menjadi 82 juta pengguna. Dan diasumsikan akan bertambah terus menjadi 107 juta pada 2014 dan 139 juta atau 50 persen total populasi pada 2015.

Jika dilihat dari perilaku penggunaan internet di Indonesia, sebuah laporan dari MarkPlus Insight 2012 mengungkapkan bahwa 40% dari pengguna internet di Indonesia atau 24,2 juta orang mengakses internet lebih dari 3 jam setiap harinya. Mayoritas pengguna internet di Indonesia berada di rentang usia 15-35 tahun. Bahkan 56,4% pengguna rela berjam-jam berselancar di internet untuk mencari informasi dan penawaran terbaik tentang kebutuhannya (bargain hunter). Didukung juga oleh fakta bahwa Indonesia adalah pengguna aktif media sosial dengan 44,6 juta pengguna Facebook terbesar ke-4 di dunia dengan pengguna, dan 19,5 juta pengguna Twitter, ditambah dengan semakin merambahnya penggiat startup menjadikan Indonesia pasar kunci di Asia Tenggara. Berbagai fakta diatas menjadikan Indonesia pasar besar yang menjanjikan sekaligus menantang.

Proyeksi pangsa pasar teknologi informasi (TI) akan semakin membesar di Indonesia pada tahun 2013 tentunya memompa semangat Dyandra Promosindo anak perusahaan PT Dyandra Media International Tbk, yang merupakan salah satu Professional Exhibition Orgnizer (PEO) yang pionir dibidang pameran TI, yang akan kembali menyokong perkembangan industri TI Indonesia di 2013 dengan menyelenggarakan 6 pameran berbasis TI yang tersebar di tujuh daerah di Indonesia.  Penyelenggaraan dibeberapa kota sekaligus merupakan salah satu cara Dyandra Promosindo ikut berkontribusi dalam mendukung perkembangan industri Ti tanah air, “Lewat MBC, Dyandra berharap dapat ikut serta mendorong pemerataan pendistribusian edukasi dan juga teknologi terkini di bidang TI, tentunya dalam kemasan pameran yang lebih menarik” tegas Bambang Setiawan, Chief Operational Officer Dyandra Promosindo. Pameran pertama Dyandra Promosindo yang akan hadir di awal 2013 ini adalah Mega Bazaar Computer (MBC), salah satu pameran teknologi informasi terbesar di Indonesia yang digelar setiap awal tahun.

Pembukaan Pameran Mega Bazaar Computer 2013

2013 digadang-gadang akan menjadi tahun yang penuh inovasi di industri TI, berbagai produk baru di industri komputer dan gadget high-end dengan performa yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih mobile akan menyambangi publik Indonesia. Dan Dyandra Promosindo akan jadi yang pertama menyuguhkan berbagai varian teknologi terbaru di tahun 2013 lewat Mega Bazaar Computer (MBC). “Salah satu keistimewaan MBC adalah kehadirannya yang diawal tahun selalu menyajikan teknologi terkini untuk pengunjungnya, lebih awal dari pameran lainnya” ungkap Bambang dalam acara press conference pembukaan pameran MBC Jakarta 2013. Penyelenggaraan pameran MBC di Jakarta akan berlangsung pada 6-10 Maret 2013, meliputi Hall A, Hall B, Cendrawasih, Main Lobby Jakarta Convention Center. Sedang di enam kota lainnya MBC 2013 akan hadir di Graha Manggala Siliwangi Bandung, Medan International Convention Center Santika-Dyandra, Exhibition Hall Grand City Surabaya, Celebes Convention Center Makassar, Java Mall Semarang, dan Jogja Expo Center.

Dengan tema “Mega Giga Bazaar”, MBC 2013 akan menghadirkan berbagai must-have gadgets tentunya dengan penawaran berbagai promo sepanjang penyelenggaraannya. Vista Limbong, General Manager Dyandra Promosindo menjelaskan bahwa program “Best Offer PowerBank” akan menjadi highlight  promo MBC diseluruh daerah penyelenggaraannya tahun ini, “MBC menyediakan total 1200 buah powerbank dengan harga spesial khusus untuk pengujung MBC 2013” jelasnya, ia juga menambahkan untuk MBC Jakarta 100 powerbank akan dilepas kepengunjung setiap harinya. Program Grandprize Nasional MBC 2013 juga menjadi highlight tahun ini,  satu unit Nissan Evalia untuk pengunjung yang beruntung. Dan untuk pengunjung MBC Jakarta, beragam doorprize seperti 2 unit motor Yamaha, tablet, handphone, Blackberry juga tersedia siap dibawa pulang, “Dengan melakukan transaksi sebesar 500 ribu rupiah dan kelipatannya di pameran MBC 2013, pegunjung akan mendapatkan kesempatan menang dua kali, Grandprize nasional dan juga Doorprize” ungkap Vista. Ia menambahkan, grandprize nasional akan mengundi voucher pengunjung MBC 2013 dari seluruh daerah penyelenggaraannya, pengunjung yang belum beruntung mendapatkan doorprize, akan berkesempatan mengikuti pengundian grandprize yang akan diselenggarakan dua minggu setelah pameran MBC 2013 diseluruh daerah berakhir.

Tahun lalu MBC 2012 secara nasional berhasil menorehkan kesuksesan dengan total transaksi nasional yang berhasil menembus jumlah total lebih dari 650 miliyar rupiah dan dikunjungi oleh lebih dari 460 ribu pengunjung. Penyelenggaraan MBC 2012 di Jakarta sendiri sukses meraup 608 miliyar rupiah dengan total pengunjung sebanyak 216.444 orang. “MBC 2013, secara nasional mentargetkan kenaikan pertumbuhan pengunjung sebesar 10 – 15% dari jumlah pengujung tahun lalu, dan total transaksi akan mengalami peningkatan sebesar 3-5% dari jumlah transaksi tahun lalu” imbuh Vista.

Tiga Kelebihan, Tiga Industri, Satu Tempat

Tidak berdiri sendiri, pameran MBC 2013 juga “ditemani” oleh dua pameran lain masih dari industri yang sama. Beramaan dengan MBC 2013, Dyandra Promosindo juga menyelenggarakan pameran yang diperuntukkan khusus untuk para gamers, Indonesia Games festival (IGF) akan menghadirkan ragam permainan terbaru dilengkapi juga dengan pilihan perangkat game digital yang lengkap serta berbagai kompetisi games menarik yang tentunya ditunggu para gamers Indonesia. IGF yang hadir untuk kedua kalinya ini telah mendapat apresiasi dari komunitas games dari penjuru Jakarta, tak kurang dari 10 komunitas games yang bergabung diberbagai kompetisi di IGF 2013.

Masih diarea yang sama, hadir juga FOCUS 2013, pameran yang seperti dua judul pameran lainnya diatas, juga akan menghadirkan berbagai teknologi terbaru dari industri fotografi dan juga berbagai program talkshow yang akan hadir sepanjang pameran berlangsung. FOCUS 2013 akan menempati area Assembly Hall JCC.

Dengan harga tiket masuk Rp 10.000 Rabu-Jumat dan Rp 15.000 pada hari Sabtu-Minggu. Pengunjung akan mendapatkan tiga kelebihan, dan keterkaitan antara industri gadget, fotografi, dan game menawarkan paket lengkap bagi pengunjungnya, mulai dari kehadiran produk terbaru dari tiga lini industri tersebut, berbagai program edukasi hingga hiburan menarik akan menjadi magnet pengunjung di MBC 2013 kali ini.

 

Random Articles
Back to Top