in: Direct Release | March 15, 2013 | by: Friska Suryawinata

[PR] Microsoft Hadirkan Layanan Berbasis Cloud Terbaik dan Paling Komprehensif bagi Kalangan Bisnis

JAKARTA, 14 Maret 2013 — Microsoft hari ini mengumumkan hadirnya generasi terbaru layanan Microsoft Office 365 yang diperuntukkan bagi kalangan bisnis. Sebagai layanan aplikasi produktivitas berbasis cloud terlengkap, Office 365 disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran perusahaan skala kecil, menengah hingga enterprise. Pengguna bisnis kini juga akan merasakan pengalaman menggunakan aplikasi Office yang selama ini telah mereka kenal, di maksimum lima perangkat, sebagai layanan cloud yang selalu baru.

Kini, fitur Office 365 diperkaya dengan kapabilitas enterprise social seperti SharePoint dan Yammer, serta konektivitas Lync-Skype untuk instant messaging (IM) dan suara pada bulan Juni nanti. Versi terbaru layanan Office 365 telah tersedia di 69 negara dalam 17 bahasa, dan akan tersedia di 20 negara dan 16 bahasa tambahan pada kuartal kedua tahun ini.

Selain perangkat lunak Office 365 sebagai layanan (software-as-a-service, SaaS), Microsoft juga memperkenalkan platform dan infrastruktur sebagai layanan (platform-as-a-service, PaaS, dan infrastructure-as-a-service, IaaS) Windows Azure dan Windows Intune bagi bisnis dan organisasi berbagai skala.

“Dengan Office 365, organisasi kelas enterprise hingga UKM, bahkan konsumen perorangan pun, dapat menikmati manfaat dan berbagai keunggulan Office yang terkoneksi ke cloud,” kata Andreas Diantoro, Presiden Direktur, Microsoft Indonesia.

“Hadirnya Office 365 melengkapi jajaran layanan cloud Microsoft yang sudah ada sebelumnya seperti Windows Azure. Rangkaian layanan cloud Microsoft tersedia mulai dari infrastruktur, platform, hingga software yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik perusahaan agar dapat mentransformasi bisnis mereka,” lanjut Andreas.

Portfolio Cloud Microsoft, Terbaik dan Paling Komprehensif di Industri

Sejak diperkenalkan pada tahun 2011, Office 365 telah menjadi salah satu bisnis Microsoft yang mengalami perkembangan paling pesat. Jumlah pengguna Office 365 dari kalangan bisnis skala kecil dan menengah tumbuh sebesar 150 persen selama 12 bulan terakhir.

“Kemampuan Office 365 yang jauh melampaui layanan berbasis web lain memungkinkan berbagai skenario baru seperti bekerja fleksibel dari manapun secara terkontrol, sehingga menjadikan bisnis tetap kompetitif dan mudah beradaptasi terhadap perubahan,” kata Risman Adnan, Direktur Developer & Platform, Microsoft Indonesia.

Microsoft memberi keleluasaan kepada perusahaan skala apapun untuk memilih layanan private cloud, public cloud, maupun hybrid cloud dari Microsoft yang fleksibel, mudah dikelola dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran perusahaan (on your terms).

Selain Office 365 and Windows Intune, layanan cloud Microsoft juga tersedia dalam bentuk infrastruktur (IaaS) maupun platform (PaaS) yang dikenal sebagai Windows Azure. Layanan cloud Microsoft yang memenuhi persyaratan ketat industri memberikan produktivitas dan fleksibilitas kepada perusahaan agar memiliki kemampuan adaptasi (agility) untuk tetap kompetitif.

Windows Azure menawarkan kemampuan infrastructure-as-a-service dan platform-as-a-service. Dibangun agar saling melengkapi dengan pengembangan, pengelolaan dan identitas yang konsisten, Windows Azure memudahkan pembuatan, migrasi, penggunaan dan pengelolaan aplikasi di cloud public, private, dan hybrid. Aplikasi dapat dikembangkan dengan bahasa, alat atau kerangka kerja manapun, dan dapat diintegrasikan dengan lingkungan TI yang sudah ada.

Baik Office 365 maupun Windows Azure memberikan garansi service-level agreement (SLA) setinggi 99,95%.

Pilihan Office 365 Disesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Microsoft memperkenalkan Office 365 untuk kalangan bisnis sebagai layanan cloud Office terlengkap dengan fitur terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang berbeda:

  • Office 365 ProPlus. Office 365 ProPlus berisi paket aplikasi Office terlengkap dan terbaru — Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher, InfoPath dan Access — yang dikemas sebagai layanan yang dapat digunakan di maksimum 5 perangkat. Cukup login ke Office 365 dari perangkat manapun, maka dokumen dan seting pribadi mereka akan tersedia seketika. Staf TI dapat melakukan tugas mereka mengontrol dan menjalankan Office 365 ProPlus bersamaan dengan versi Office lainnya untuk memudahkan update bagi user. Office 365 ProPlus tersedia sebagai produk terpisah seharga $144 per user untuk setahun berlangganan, atau sebagai bagian dari Office 365 Enterprise dan Office 365 Midsize Business.
  • Office 365 Midsize Business. Office 365 Midsize Business dirancang untuk bisnis skala menegah dengan 10 hingga 250 pegawai. Layanan ini juga mencakup Office 365 ProPlus serta layanan komunikasi dan kolaborasi kelas enterprise dari Exchange Online, Lync Online dan SharePoint Online — serta perangkat TI untuk memudahkan penggunaannya. Integrasi dengan Active Directory melalui konsol administratif berbasis web serta dukungan teknis melalui telepon juga termasuk. Harga $180 per user untuk langganan selama setahun, atau setara dengan $15 per user setiap bulan.
  • Office 365 Small Business Premium. Office 365 Small Business Premium dirancang bagi bisnis kecil dengan jumlah pengguna 1 hingga 10 orang. Selain aplikasi Office yang kaya fitur, pengguna juga mendapatkan fasilitas email bisnis, kalendar bersama, perangkat pengelolaan website serta kemampuan video konferensi HD dalam layanan yang mudah dikelola tanpa memerlukan keahlian TI khusus. Office 365 Small Business Premium tersedia dengan harga $150 per user untuk setahun berlangganan, atau setara dengan $12,50 per user setiap bulan.

Microsoft Office 365 dan Windows Azure, Solusi bagi Bisnis Segala Ukuran

Selain memperkenalkan berbagai layanan cloud terbaru di gelaran Cloud Summit 2013, Microsoft juga menghadirkan para mitra dan pelanggan bisnis yang telah menggunakan layanan cloud dari Microsoft.

Bagi Zenith Solusi Global, kebutuhan akan layanan private cloud meningkat pesat. Semakin banyak perusahaan terfokus untuk memegang kendali atas lokasi di mana data disimpan (di data center atau di negara mana) serta bagaimana layanan mereka dapat diakses (biasanya menggunakan VPN).

“Microsoft adalah satu-satunya perusahaan yang menyediakan solusi cloud yang paling komprehensif, mulai dari public, hybrid hingga private cloud. Kebanyakan klien kami ingin berinvestasi ke cloud melalui layanan Microsoft Windows Azure dan Office 365. Zenith memiliki pengalaman dalam asesmen kebutuhan, analisis, hingga implementasi. Proses yang mudah serta pelaksanaan yang hanya membutuhkan waktu singkat, sangat memudahkan pekerjaan para konsultan dan pelaksana teknis kami,” kata Alex Budiyanto, General Manager Zenith Solusi Global.

Perusahaan teknologi terkemuka, Navcore, juga mengakui adanya peningkatan produktivitas, efisiensi, serta daya saing bisnis setelah mengadopsi platform Windows Azure.

“Windows Azure dan SQL Azure memungkinkan kami mengembangkan aplikasi bisnis yang memiliki skalabilitas tinggi, dapat diakses secara global, dan efisien dari sisi biaya khususnya untuk aplikasi bisnis. Windows Azure menjadi bagian penting dari strategi inovasi kami, memberikan sebuah platform yang memungkinkan kami dengan cepat mengembangkan solusi baru yang sekaligus menawarkan biaya yang kompetitif bagi para pelanggan.” kata Farid Zulkarnain, EVP Business Operation & Development, PT Navcore Nextology.

“Dengan mengembangkan produk dan solusi di Windows Azure, kami dapat berfokus pada pengembangan software dan tidak dipusingkan oleh pengelolaan infrastruktur. Karena itulah kami memilih Microsoft, penyedia solusi global dan stabil untuk cloud yang kami gunakan. Fleksibilitas dan elastisitas Windows Azure sangat membantu kami saat mengembangkan aplikasi. Dengan Windows Azure, SQL Azure, dan data center Microsoft, kami mendapatkan dukungan yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis kami. Sebagai System Integrator dan Solution Provider, kami dapat membantu pelanggan untuk ikut merasakan manfaat dari Windows Azure.” lanjut Farid.

Ketersediaan

Office 365 dan Windows Azure sudah tersedia bagi pengguna bisnis di Indonesia. Office 365 dapat diuji coba gratis selama 30 hari dengan mendaftar di http://www.office365.co.id atau melalui mitra Microsoft. Untuk mendapatkan uji coba gratis platform Windows Azure, silakan mendaftar di http://www.windowsazure.com. Informasi mengenai penawaran khusus Windows Azure, silakan kunjungi Pricing Calculator di http://www.windowsazure.com/en-us/pricing/calculator/

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES