in: Digital Camera - News - Tutorial | April 8, 2013 | by: Bhisma Sidarto

Dapatkan Performa Lebih Dengan Menghubungkan DSLR Dengan Android Phone

Hadirnya produk seperti Samsung Galaxy Camera yang menggandeng Android sebagai operating system membuat banyak produsen kamera yang juga melirik OS ini sebagai pengganti software milik mereka sendiri. Mengapa Android? Operating system yang telah lebih dulu populer di ranah smartphone ini menawarkan fleksibilitas yang tidak ditawarkan oleh OS lainnya. Banyaknya program yang berkaitan dengan fotografi cukup menjadi alasan untuk berbagai produsen kamera besar untuk memperkenalkan kamera compact yang menggunakan OS ini

Lalu bagaimana dengan DSLR? Untuk kamera kelas ini seperti para produsen sedikit enggan untuk mengadopsi OS Android, entah karena terlalu rumit ataukah mereka masih merasa banyak OS yang mereka tawarkan masih lebih mumpuni. Tetapi ini bukan berarti bahwa tidak cara untuk menggunakan OS Android dengan DSLR.

Adalah seorang fotografer asal Dublin, Irlandia bernama Maciej Pietuszynski yang menulis sebuah tutorial bagaimana caranya untuk menghubungkan sebuah DSLR dengan sebuah smartphone berbasis Android. Sedikit mengutip perkataan beliau, “It’s like giving your DSLR an extra brain”. Lalu bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini!

Yang Anda butuhkan:

  • Sebuah smartphone yang menggunakan OS Android dengan kemampuan USB OTG (On The Go)
  • Sebuah kabel USB OTG
  • Sebuah DSLR Nikon atau Canon
  • Software CamCap dan DSLR Controller (Kedua nya Apps berbayar)

Hubungkan DSLR dengan smartphone menggunakan kabel USB OTG, lalu jalankan salah satu aplikasi diatas.

CapCam memang didesign untuk tablet dan smartphone, tetapi bukan berarti dia tidak bekerja dengan baik jika dihubungkan ke DSLR.

Yang menarik adalah gambar yang diambil oleh aplikasi CapCam akan langsung disimpan kedalam Android Anda.

Dan ini berarti hasil photo tersebut bisa langsung digunakan untuk berbagai keperluan.

Wi-Fi file transfer.

Instagram

 

Aplikasi DSLR Controller menghadirkan kemampuan untuk melakukan LiveView untuk foto dan video. Cuma sayangnya aplikasi ini hanya bekerja dengan DSLR Canon.

Untuk menghubungkan smartphone ke DSLR, Anda dapat menggunakan standard hot shoe mount dan sebuah phone holder for tripod.

Sumber : Petapixel

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES