in: News | April 1, 2013 | by: Yufianto Gunawan

Dell Akan Siapkan Supercomputer dengan Basis ARM

ARM kembali menjelajahi dunia baru! Setelah sebelumnya telah berpetualang ke dunia komputer server, kali ini ARM dikabarkan akan mencoba untuk memasuki dunia supercomputer. Adalah Dell, raksasa IT asal Amerika Serikat, yang akan membawa ARM ke dunia baru tersebut. Mereka tengah menyiapkan prototipe supercomputer yang menggunakan prosesor berbasis ARM.

Mungkin pemanfaatan ARM untuk supercomputer akan terdengar sedikit janggal, mengingat fungsi dari sebuah supercomputer adalah untuk kebutuhan pemrosesan rumit yang kebanyakan ditujukan untuk riset ilmiah. Tentu saja, prosesor ARM yang selama ini dikenal memiliki kemampuan proses yang tidak terlalu tinggi akan jauh dari bayangan akan kebutuhan pemrosesan rumit tersebut. Namun, Dell berpendapat lain.

Menurut pihak Dell, penggunaan ARM pada supercomputer membuka peluang terciptanya supercomputer yang memiliki biaya operasional yang rendah untuk setiap satuan pemroses (FLOP) yang dihasilkannya. Hal itu tentunya tidak terlepas dari rendahnya daya yang dikonsumsi oleh prosesor berbasis ARM dalam beroperasi serta rendahnya biaya produksi prosesor dengan basis ARM. Tentu saja, pihak Dell harus terlebih dahulu membuktikan hal tersebut melalui pembuatan prototipe supercomputer ARM tersebut dan melakukan serangkaian uji coba. Bila nantinya pendapat Dell tersebut terbukti benar, bisa jadi hal itu akan mengubah peta persaingan prosesor untuk supercomputer.

Dell sendiri sebelumnya telah memiliki berbagai produk yang dipersenjatai dengan prosesor berbasis ARM, mulai dari tablet hingga server. Untuk tablet, Dell sempat merilis produk Dell Streak yang menggunakan sistem operasi Android dan mengusung prosesor berbasis ARM. Sedangkan untuk server, sejak beberapa waktu belakangan ini, Dell sudah membuka kesempatan bagi perusahaan yang tertarik untuk mencoba jajaran server berbasis ARM mereka yang ditujukan untuk tingkat low-end dan mid-end.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES