in: News - Processors | April 8, 2013 | by: Gatot Tri Yuwono

Detail Terbaru Prosesor Intel Haswell Desktop dengan Soket BGA

Prosesor Intel Haswell direncanakan akan menyapa kalangan publik pada pertengahan tahun ini. Bermodalkan arsitektur terbaru, prosesor Intel Core i generasi empat tersebut akan menawarkan performa komputasi CPU maupun GPU lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor Intel Haswell sendiri akan hadir di platform desktop, laptop, server, dan juga embedded PC.

Untuk platform desktop, prosesor Intel Haswell akan menggunakan soket prosesor tipe terbaru yaitu LGA1150. Tidak hanya itu, seperti pernah kami beritakan sebelumnya, prosesor Intel Haswell untuk platform desktop ternyata juga akan hadir dengan menggunakan soket BGA alias prosesor tersebut disolder langsung ke motherboard sehingga tidak dapat dilepas. Untunglah prosesor tersebut hanya ditujukan untuk platform desktop tipe All-In-One.

Menurut VR-Zone Chinese, prosesor Intel Haswell dengan soket BGA akan memiliki akhiran huruf “R” pada nama prosesor. Selain itu disebutkan pula beberapa tipe prosesor tersebut seperti Core i5-4570R, i5-4670R, dan i7-4770R. Berikut tabel spesifikasi 3 varian prosesor tersebut.

Prosesor Intel Haswell seri R akan menggunakan GPU HD 5200, berbeda dengan versi soket LGA1150 yang menggunakan HD 4600. HD 5200 diperkirakan menawarkan performa komputasi grafik dua kali lipat lebih bertenaga dibandingkan HD 4600. Hingga saat ini belum dikatahui kapankah prosesor Intel Haswell seri R akan hadir ke pasaran tetapi semoga saja tidak berbeda jauh dibandingkan waktu peluncuran untuk platform lainnya.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES