in: Digital Camera - News | April 3, 2013 | by: Bhisma Sidarto

Hoya Perkenalkan Filter Anti Pecah

Fitur anti gores pada produk filter sudah menjadi hal biasa. Hoya sebagai salah satu produsen filter ternama mencoba menawarkan sebuah inovasi baru pada produk yang mereka namankan HD2, sebuah filter yang anti pecah. Bayangkan sebuah filter yang walau telah dipukul oleh sebuah pipa besi masih tetap utuh dan dapat digunakan dengan normal.

Pada Consumer Electronic Show (CES) 2013 yang diselenggarakan pada awal tahun, Hoya memperkenalkan line-up produk bernama HD-2. Kelebihan dari line-up baru ini adalah kekuatan dari kaca yang digunakan pada filter ini. Untuk produk ini Hoya khusus menggunakan hardened glass yang terkenal kuat.

Demo yang mempertunjukkan kekuatan dari filter tersebut melibatkan memukulkan sebuah pipa besi berkali-kali pada sebuah filter HD-2. Anda dapat melihat demo tersebut pada video dibawah ini.

Kaca yang digunakan pada filter HD-2 menggunakan proses kimia L37 yang dikembangkan khusus untuk produk in. Dengan menggunakan proses ini kaca yang dihasilkan akan menjadi empat kali lebih kuat dibandingkan kaca biasa. Kaca yang digunakan oleh filter ini juga menolak air dan minyak, ditambah juga kemampuan anti gores dan anti noda. Kualitas kacanya pun tak diragukan karena menggunakan 8 lapisan multi-coating.

Line-up HD2 sendiri terdiri dari tiga jenis filter: protective filterUV filter dan circular polarizer. Cukup menarik ketika melihat terdapat filter khusus yang dikhususkan untuk melindungi lensa. Umumnya tugas ini diserahkan kepada UV filter yang sebetulnya pada era digital ini tidak memiliki pengaruh apa-apa pada hasil foto yang diambil.

Produk ini dijual dengan harga yang cukup bersaing. Sebuah UV filter 37mm dihargai sebesar USD $ 55, sedangkan sebuah varian 77 mm nya dijual dengan harga sebesar USD $ 200. Bagi beberapa orang pasti berpikir harga tersebut sedikit mahal, tetapi perlu diingat bahwa lensa yang umumnya Anda gunakan berharga lebih mahal lagi, jadi masuk akan jika sebuah lapisan gelas yang nanti akan berdiri didepan lensa haruslah memiliki kualitas yang tinggi.

Sumber : Petapixel

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES