in: News | April 9, 2013 | by: Yufianto Gunawan

HTC Catat Keuntungan Terendah di Q1 2013

Sebuah rekor yang tidak bisa dibanggakan baru saja dicatatkan oleh HTC, produsen smartphone ternama asal Taiwan. Berdasarkan laporan keuangan terbaru dari kuartal pertama tahun 2013 ini, HTC hanya berhasil membukukan pendapatan yang sangat rendah, terendah bagi perusahaan tersebut, yakni hanya NT$85 juta (US$ 2.8 juta)!

Bagi HTC, catatan keuntungan NT$85 juta dalam satu kuartal tersebut sekaligus menjadi catatan keuntungan terendah yang pernah mereka dapatkan. Lebih buruk lagi, catatan tersebut juga menandakan penurunan keuntungan per-kuartal berturut-turut selama 6 kuartal terakhir. Tentu saja, hal itu sudah menjadi lampu merah bagi perusahaan asal Taiwan tersebut.

Buruknya pemasukan bagi HTC di kuartal pertama tahun 2013 tersebut sebenarnya sudah bisa diprediksi sejak beberapa waktu lalu, yakni sejak kabar bahwa produk unggulan terbaru dari perusahaan tersebut, smartphone HTC One, terpaksa ditunda penjualannya. Permasalahan dari jalur suplai komponen yang menganggu produksi dari perangkat tersebut benar-benar menjadi masalah serius, dimana HTC akhirnya gagal merilis produk tersebut di kuartal pertama 2013 dan membuat perusahaan tersebut terpaksa kehilangan pendapatan dalam jumlah yang cukup besar.

Lebih parah lagi, masalah HTC One tersebut bisa jadi tidak hanya mempengaruhi pendapatan HTC di kuartal pertama saja, tetapi juga di kuartal kedua tahun 2013 ini. Penundaan penjualan HTC One membuat produk tersebut nantinya akan langsung bersaing dengan beberapa produk lain dari kompetitor, seperti Xperia Z dari Sony serta Galaxy S4 yang akan segera dijual oleh Samsung. Hal itu tentunya bisa membuat daya jual produk tersebut menurun dan pada akhirnya kembali berimbas pada pendapatan perusahaan asal Taiwan tersebut.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES