in: News | April 2, 2013 | by: Friska Suryawinata

Jepang Mengembangkan Layar Televisi yang Bisa Mengeluarkan Aroma

Teknologi yang diusung oleh televisi pada jaman modern saat ini masih mengeakan ketajaman gambar dan suara yang jernih. Namun Jepang memiliki ide unik lain untuk perkembangan teknologi yang dapat digunakan untuk televisi, yaitu teknologi televisi yang dapat memberikan aroma sesuai dengan apa yang ditampilkan pada layar.

Dikembangkan oleh Haruka Matsukura dan para kolega dari Tokyo University of Agriculture and Technology, layar unik ini dinamakan “smelling screen” dan dilengkapi dengan kotak ekstra berisi minyak. Layar televisi ini hanyalah layar LCD biasa, tetapi memiliki aliran udara di kedua sisi layarnya. Lewat aliran udara tersebut, butiran gel diuapkan dan dialirkan melalui aliran udara tersebut untuk memberikan aroma dari layar dengan porsi yang terbatas. Aliran udara beraroma ini dialirkan dengan kipas yang cukup untuk memberikan pengguna televisi ini untuk menangkap aroma tersebut.

Sayangnya, televisi ini masih dalam pengembangan dan belum sempurna sepenuhnya. Cartridge yang digunakan pun memiliki isi yang terbatas sehingga harus sering diganti ketika isinya sudah kosong. Untuk saat ini, tim pengembang hanya dapat memproduksi satu jenis aroma saja, yang diharapkan dalam pengembangan selanjutnya aroma yang dihasilkan dapat beraneka ragam tergantung dengan cartridge yang digunakan. Selain itu, tim pengembang juga tengah mencoba untuk membuat layarnya akan memproduksi aroma di lokasi yang spesifik pada layarnya ketimbang dialirkan secara bebas dari tempat aliran udaranya.

Tags:

Share This: