LOGO
,

Overclocking Prosesor Intel Haswell: Diungkap Sebelum Launching!

Part: 1 2

3. Haswell iVR: Voltage Regulator Terintegrasi pada Prosesor!

Komponen Regulator Daya(VRM), sekarang sebagian ada di prosesor

Ya, anda tidak salah dengar! Komponen regulasi daya (Voltage Regulator Module-disingkat:VRM) yang berfungsi untuk mensuplai daya kepada prosesor, dan juga berfungsi melakukan konversi tegangan dari 12V pada power supply ke VCore Prosesor(umumnya berkisar 1-1.2v), sekarang terintegrasi pada prosesor Haswell.

VRM Pada MSI Z77 MPOWER

Diatas, anda menjumpai skema regulasi daya yang umum terjadi pada sistem Sandy / Ivy Bridge. Dimana motherboard menyediakan komponen VRM untuk mensuplai daya pada beberapa rail yang berbeda, misal CPU VCore, VccSA (System Agent), dan VccIO( CPU IO).

Pada Haswell, Intel menyediakan skema regulasi daya seperti berikut ini :

*klik untuk memperbesar*

*VRM Pada Motherboard Gigabyte Z87X-OC (belum versi final)*

Perlu diingat, penggunaan teknologi iVR(Integrated Voltage Regulator)TIDAK lantas berarti bahwa motherboard tidak perlu menyediakan komponen VRM. Motherboard tetap perlu menyediakan komponen VRM/Phase, namun fungsi dari VRM ini tidak langsung mensuplai daya kepada prosesor, melainkan menjadi sarana input voltage(VccIN) bagi iVR pada CPU Haswell.Jadi, motherboard menyediakan sebuah input voltage (Disebut VccIN, nilai defaultnya 1.8V), yang akan dibagi-bagi ke beberapa rail melalui iVR pada CPU, antara lain CPU VCore, VRing, VGT(grafis), VSA, VIOa, VIOd.

Menurut beberapa rumor yang beredar, penggunaan iVR ini akan memberikan pengaturan voltage dengan regulasi serta efisiensi yang lebih baik dari VRM motherboard pada umumnya. Kami juga mendengar kabar bahwa sekarang motherboard yang memiliki VRM berkapasitas kecil(misal pada motherboard mini-ITX) juga bisa mendapatkan regulasi tegangan yang baik seperti kebanyakan motherboard high-end.

Tapi, penggunaan iVR ini bukanlah tanpa resiko. Pada skenario overclocking ekstrim, bisa saja kita secara tidak sengaja ‘membunuh’ iVR pada CPU Haswell, yang membuat CPU tersebut tidak dapat berfungsi. No pain, No Gain.

 

4. Pilihan Opsi  Overvoltage dengan 4 Mode

*klik untuk memperbesar*

Untuk menyesuaikan dengan kebutuhan banyak pengguna, Intel menerapkan 4(empat) mode voltage-override pada Haswell.

  • 1) Default (Sesuai Operasi SVID) : mode default, untuk penggunaan harian
  • 2) Adaptive : Mirip dengan mode default, tapi CPU/BIOS meningkatkan voltage-nya saat CPU berjalan diatas spesifikasi turbo(overclock), baik untuk overclocking ringan lewat CPU Turbo Ratio.
  • 3) Offset Mode : Menaikkan ‘offset’ voltage bagi setiap P-state, voltase tetap akan turun ketika sistem memasuki state power-saving. Sangat berguna bagi overclocker yang ingin menghemat daya saat idle.
  • 4) Full Override : Fixed Voltage, berguna bagi extreme overclocking.

 

5. Variabel Tuning yang Luas

*klik untuk memperbesar*

Untuk memastikan bahwa para overclocker ekstrim dapat meng-overclock CPU Haswell-nya dengan maksimal, maka Intel memastikan bahwa variabel tuning yang ada di Haswell sangat luas. Misalnya saja, Intel menyediakan nilai CPU multiplier hingga 80! Mungkin ini diimplementasikan karena pada CPU Ivy Bridge, banyak Overclocker mengalami limitasi multiplier(hanya 63), dan harus bergantung pada BCLK yang sangat limited, untuk mencapai clock maksimalnya.

Pada kecepatan memori DDR3 di Haswell, Intel pun memberikan opsi dari DDR3-2666Mhz hingga DDR3-2933Mhz (Ini pun belum final), untuk memastikan bahwa setiap overclocker Haswell tidak kekurangan bandwidth.

 

Haswell: Jawaban Intel untuk Overclocker Ekstrim?

Jadi, to sum it up , Haswell versi desktop akan memiliki :

  1. Frekuensi CPU dan ‘Ring’ yang dipisah, memungkinkan overclocker memilih rasio CPU dan Ring interface yang berbeda.
  2. BCLK Multiplier, mengijinkan setting BCLK yang lebih variatif
  3. Integrated Voltage Regulator(iVR), dengan opsi voltase yang mencukupi untuk kebutuhan overclocking esktrim sekalipun
  4. Mode Voltage-Override yang beragam, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan user-nya.
  5. Variabel Tuning yang luas nilainya(misalnya nilai CPU Multiplier hingga 80,RAM hingga DDR3-2933Mhz), menjamin para overclocker tidak ‘kehabisan’ opsi tuning

Melihat berbagai fitur overclock yang ditanamkan kepadanya, nampak bahwa Intel cukup serius menggarap desain prosesor Core Generasi ke-4 mereka. Akankah prosesor Haswell menjadi senjata baru bagi para overclocker ekstrim untuk memecahkan berbagai world record? Mari kita tunggu kehadirannya!

Part: 1 2
Random Articles
Back to Top