Overclocking Prosesor Intel Haswell: Diungkap Sebelum Launching!

Reading time:
April 12, 2013
Haswell

Sejak informasi mengenai performa Intel Haswell bocor ke Internet untuk pertamakalinya di bulan Januari 2013 lalu, banyak sekali pertanyaan yang muncul dari berbagai pihak, mengenai keberadaan serta berbagai misteri yang menyelubungi prosesor Intel Core generasi ke-4 ini. Pada ajang Intel Developer Forum(IDF) 2013 yang berlangsung di Beijing, 10-11 April kemarin, Intel secara resmi memberi informasi mengenai prosesor Haswell ke publik, tepatnya informasi mengenai fitur-fitur Overclocking yang ada pada Intel Haswell!

Haswell 01

Yang menarik, presentasi mengenai overclocking di prosesor Haswell ini selain dibawakan seorang Senior Hardware Engineer dan Product Marketing Manager, tapi juga ditemani oleh seorang profesional overclocker asal Taiwan yang bekerja di Gigabyte: HiCookie. Dari beberapa IDF yang berlangsung tahun ke tahun, ini adalah pertamakalinya Intel terlihat begitu mendukung overclocking sebagai salah satu nilai tambahan prosesornya.

Baiklah, mari kita lihat apa saja fitur-fitur prosesor Intel Haswell yang berguna dalam hal overclocking!

1. Independent Clock Domains : Frekuensi CPU dan Beberapa Komponennya Dipisah

Haswell 02

Sejak arsitektur Sandy Bridge, semua komponen CPU(kecuali grafis terintegrasinya) bekerja secara sinkron di frekuensi/clock yang sama, hal yang sama juga terjadi pada Ivy Bridge. Ini yang membuat arsitektur Sandy / Ivy Bridge begitu efisien karena CPU dan L3 Cache-nya berjalan pada satu clock domain yang sama, meminimasi access latency dari CPU ke L3 cache. Namun hal ini sempat dirumorkan menjadi penyebab limitasi pencapaian clock Sandy / Ivy Bridge saat melakukan overclocking ekstrim, yang menyebabkan ada keadaan dimana saat CPU Core-nya masih bisa berjalan dengan clock lebih tinggi, namun ada salah satu komponen dari CPU yang tidak mampu mencapai clock tersebut.

Haswell 03

Pada Haswell, terlihat bahwa Intel memisahkan bagian CPU Core dengan Last Level Cache dan Ring Interface-nya (a.k.a ‘Ring’). Sehingga user bisa memilih untuk menjalankan kecepatan ‘Ring’ ini dibawah kecepatan CPU saat melakukan overclocking yang cukup tinggi pada prosesor, tentunya dengan sedikit penalti performa, misalnya pada memory bandwidth.

Uniknya, pemisahan clock domain antara CPU dan ‘Ring’ ini dilakukan Intel dengan pertimbangan penghematan daya, dan perlu juga diperhitungkan bahwa pemisahan clock ini akan menyebabkan L3 Cache Latency pada Haswell menjadi meningkat dibandingkan Sandy Bridge.

2. Kembalinya BCLK Overclocking !

Haswell 04
*klik untuk memperbesar*

Meningkatkan BCLK(base clock), atau kadang juga disebut sebagai FSB(Front-Side Bus) , adalah salah satu metoda yang digunakan para overclocker untuk meningkatkan clock CPUnya. (Ingat rumus CPU Clock = BCLK * CPU Mutliplier(catatan: BCLK tidak sama dengan FSB, namun untuk kemudahan penyebutan nama, kedua variabel itu seringkali disamakan).

Sejak prosesor Sandy Bridge, variabel BCLK ini memiliki range pengubahan yang sangat sedikit (sekitar 5-7 % tergantung CPU). Dan baru di platform X79 Sandy Bridge-E Intel memperkenalkan solusi mengatasinya, yakni dengan menggunakan sistem Ratio, atau semacam ‘Multiplier’ bagi BCLK, yang bernilai 1.00x, 1.25x, dan 1.67x,  supaya membuat range pengubahan BCLK menjadi lebih bervariasi untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Haswell 05
*klik untuk memperbesar*

Kali ini, Intel memastikan bahwa Haswell juga mewarisi kemampuan pengubahan BCLK, dengan menerapkan sistem Ratio pada BCLK Haswell. Seperti dilihat diatas, meski BCLK Haswell masih memiliki limitasi pengubahan kurang lebih 5-7 % dari nilai defaultnya (100Mhz), namun BCLK ‘multiplier’ yang terdapat di Haswell bisa membuat nilai BCLK-nya lebih beragam. Multiplier ini sendiri nilainya mirip dengan BCLK multiplier di platform X79, yakni 1.00x, 1.25x, dan 1.67x

Contoh penggunaannya :

Misal ada pengguna menginginkan BCLK sebesar 130Mhz. Umumnya hal ini tidak bisa dilakukan karena limit pengubahan 5-7% seperti disebut diatas, namun pada Haswell, pengguna tinggal melakukan setting :

  • BCLK : 104 Mhz (masih bisa dilakukan, karena masih dalam batas 5-7% dari 100Mhz)
  • BCLK Multiplier : 1.25x
  • BCLK Akhir : 130 Mhz (104Mhz x 1.25)
Haswell 06

 

 

Belum ada yang menguji kemampuan BCLK maksimal dari Haswell ini, tapi Intel menyebutkan mereka pernah menguji sampai dengan nilai sekitar 167Mhz atau lebih. Intel sudah memastikan bahwa fitur ini akan hadir pada Haswell K-Series, namun belum jelas apakah ‘BCLK Ratio’ ini juga akan diimplementasikan pada prosesor Haswell Non-K.

Jika fitur BCLK Ratio ini ada di seri non-K, berarti setiap prosesor Intel Haswell punya overclocking headroom sekitar 25 hingga 67 % ! Let’s keep our fingers crossed for that one, shall we?

Next Page, please..

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…