in: News - Popular Science | April 3, 2013 | by: Patrick

Partikel Nano Untuk Berantas Virus

Beberapa peneliti di Swiss telah mengembangkan partikel nano yang dapat mendeteksi, dan suatu saat nanti dapat memberantas, virus.

Pada dasarnya, saat sebuah virus masuk ke dalam tubuh manusia, sistem imun bawaan tubuh akan merespon kehadiran virus tersebut. Proses rumit ini pada akhirnya akan memproduksi antibodi spesifik untuk virus tersebut. Dari proses ini, umumnya akan terjadi tiga kemungkinan: Virus tersebut mati sebelum menginfeksi lebih lanjut, virus tersebut mati setelah orang yang terjangkit menderita sakit terlebih dahulu, atau pada skenario terburuk, virus akan menyebar tanpa terkontrol.

Salah satu opsi dalam memberantas infeksi virus adalah dengan mengembangkan antibodi buatan. Antibodi dapat bermanfaat untuk dua kegunaan: untuk mendeteksi infeksi, dan, bila diproduksi dalam skala besar, antibodi ini dapat digunakan untuk mengatasi infeksi.

Hal inilah yang sedang dikerjakan oleh Patrick Shahgaldian dan koleganya di University of Applied Sciences and Arts Northwestern Switzerland. Solusi mereka cukup sederhana. Cari virus yang menyebabkan infeksi, “cetak” virus tersebut dalam partikel nano, lalu jebak virus tersebut dalam partikel nano yang telah dibuat tersebut.

Ada beberapa langkah dalam membuat “cetakan” dalam partikel nano. Langkah pertama adalah menjebak virus tersebut dalam partikel nano silika dengan menggunakan bahan kimia yang menempel. Langkah kedua, partikel nano silika tersebut akan dilapisi oleh cairan polymer. Selanjutnya, partikel yang bervirus ini akan diberi ultrasound untuk memisahkan virus dari polymer tadi. Akhirnya, didapatlah cetakan partikel nano yang dapa digunakan untuk menjebak virus.

Menurut Shahgaldian, cetakan ini pertama kali akan digunakan sebagai alat diagnostik. Disuntikan kepada pasien untuk mencari tahu apakah virus-virus yang dicari akan terjebak di dalamnya.

Langkah berikutnya, masih menurut Shahgaldian adalah menggunakan cetakan ini untuk terapi. Namun, proses ini membutuhkan pengembangan tambahan.

via ArsTechnica

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES