[PR] FPTSI Gandeng SAS Untuk Membuat Pengajaran Statistika Sesuai Dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Reading time:
April 15, 2013
Workshop Pengajaran Statistika SAS FPTSI

MALANG (15 April 2013) – Pemimpin Business analytics SAS mendukung Workshop tentang Pengajaran Statistika dan Rapat Kerja Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (FPTSI) di Universitas Brawijaya pada 12-14 April 2013. Workshop ini menghasilkan rekomendasi untuk pengajaran, kompetensi dan metode Statistika di universitas yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). Selain itu, FPTSI juga terdaftar sebagai salah satu pendukung Tahun Statistik Internasional 2013 di mana SAS juga berkomitmen untuk menyukseskannya.

Hari Wijayanto, Ketua FPTSI mengatakan, “Forum ini secara khusus menjalin keilmuan untuk berkontribusi pada pengajaran Statistika pada tingkat nasional dan internasional yang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Pada saat workshop, sekitar 90 dosen Statistika dari seluruh Indonesia berdiskusi tentang kompetensi yang sesuai dalam empat mata kuliah, yaitu Teori Statistika, Metode Statistika, Perancangan Percobaan dan Teknik Sampling.”

Hari menambahkan, “Kompetensi dalam KKNI bertujuan untuk meningkatkan lulusan.  Maka kita perlu menghubungkan KKNI dengan standar Statistika dalam bisnis. SAS dengan kekuatan algoritma statistik memberikan nilai manfaat bagi para lulusan karena banyak perusahaan memerlukan tenaga kerja berkemampuan SAS. Hubungan ini akan saling menguntungkan baik bagi universitas maupun bisnis. Untuk itu, kami senang bekerja sama dengan SAS dalam forum ini.”

“Bagi SAS, kerja sama dengan FPTSI merupakan wujud komitmen kami untuk membangun universitas berbekal teknologi yang dapat berjalan beriringan dengan lingkungan business analytics sehingga dapat menjembatani dunia akademik dengan industri,” kata Erwin Sukiato, Country Manager SAS Indonesia. “Kami optimis jika ekosistem business analytics dapat dibangun melalui kolaborasi antara FPTSI, universitas dan industri. Untuk menciptakan ahli Statistika kelas dunia, SAS memperluas SAS Academic Program ke berbagai universitas. Melalui program ini, universitas akan memperoleh lisensi penggunaan software SAS bagi mahasiswa dan dosen, training SAS, e-learning, buku, materi pengajaran, datasets dan dukungan pengembangan kurikulum yang sejalan dengan lingkungan business analytics di dunia bisnis Indonesia.”

SAS Academic Program di Indonesia

“Hingga saat ini, terdapat delapan universitas dari seluruh Indonesia yang telah berpartisipasi dalam SAS Academic program yaitu, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Islam Indonesia, Universitas Bakrie, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Bangka Belitung.” jelas Erwin.

Pada saat Workshop tentang Pengajaran Statistika dan Rapat Kerja FPTSI, SAS menunjukkan bagaimana Education Analytical Suite, satu rangkaian teknologi yang secara spesifik di desain untuk dunia pendidikan dengan kelengkapan pengetahuan Statistika dapat menjembatani akademik dan bisnis. Hal ini sejalan dengan KKNI yaitu bertujuan untuk meningkatkan lulusan di Indonesia memiliki kemampuan yang diperlukan dalam bisnis.

Di desain secara khusus bagi Statistika, ahli Statistika dapat menggunakan:

  • SAS Enterprise Guide untuk akses data, analisis dan membuat laporan dengan cara mudah melalui point in click
  • SAS/STAT untuk Analisis Varians, Model Campuran, Regresi, Bayesian, Analisis Multivariate, Survival, Cluster, Non parametric, Analisis data survei, dan sebagainya
  • SAS/ETS untuk Forecasting & Econometrics
  • SAS/OR untuk riset operasi/ optimisasi
  • SAS/QC untuk Quality Control
  • SAS/IML untuk Operasi Matriks
  • SAS/ACCESS untuk konektifitas dan integrasi antara SAS dan sumber data ke tiga
  • SAS/SHARE, SAS/CONNECT, SAS/SECURE untuk akses dan update data dalam berbagai format lintas platform hardware yang berbeda

Kristianus Yulianto, Consulting and Services Manager SAS Indonesia mengatakan, “Mengingat tren big data telah datang, sumber daya manusia dengan sebutan data scientist  memiliki pengetahuan dan keahlian teknologi yang digabungkan dengan Statistika serta ilmu industri akan menghasilkan talenta business analytics yang ideal. Saya yakin jika SAS Academic Program akan dapat berkontribusi dalam membangun dan menyediakan talenta ini pada ekosistem business analytics.”

Tahun Statistik Internasional 2013

Dalam Tahun Statistik Internasional 2013 ini, SAS menyadari jika statistik tidak hanya tentang teknologi untuk analisa data. Statistik dapat membantu membentuk dunia tempat kita hidup. Di SAS, solusi teknologi dapat memecahkan masalah besar dan mempengaruhi kehidupan meski kecil tetapi dengan cara yang signifikan. Hal ini sama dengan statistik. Semua dari memprediksi cuaca untuk melindungi panas dapat dilakukan dengan permainan angka, dan itulah bagaimana cara SAS bergerak dalam Tahun Statistik Internasional.

Dukungan FPTSI dalam Tahun Statistik Internasional 2013 adalah sebuah kesatuan dari seluruh anggota FPTSI dalam pengembangan Statistika baik tingkat nasional maupun internasional. Pencapaian dalam kesadaran masyarakat, terutama di Indonesia mengenai pentingnya kualitas data juga merupakan salah satu tujuan keterlibatan aktif FPTSI dalam Tahun Statistik Internasional 2013.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…