in: News - Overclocking - Processors | April 13, 2013 | by: Gatot Tri Yuwono

Prosesor AMD FX “Centurion” Akan Mudah Dijalankan Pada Clock Speed 5 GHz

AMD dikabarkan tengah mempersiapkan prosesor seri FX terbaru mereka. Prosesor dengan codename Centurion ini akan memiliki keistimewaan dibandingkan prosesor seri FX lainnya. Salah satu keistimewaan prosesor ini adalah AMD menjamin prosesor ini mampu untuk berjalan pada clock speed 5 GHz hanya menggunakan sistem pendingin air cooling.

Prosesor AMD FX Centurion masih menggunakan arsitektur yang sama dengan FX 8350 yaitu Piledriver “Vishera”. Belum diketahui apakah prosesor tersebut akan menggunakan setting yang sama (seperti voltase CPU) dengan FX 8350 untuk berjalan pada clock speed 5 GHz atau akan menggunakan setting lebih tinggi. Kami cukup penasaran akan suhu dan juga konsumsi daya yang nanti akan dihasilkan dari prosesor ber-clockspeed 5 Ghz ini, mengingat prosesor berbasis arsitektur Piledriver cukup terkenal ‘rakus daya’ (Sebagai referensi, anda bisa melihat uji konsumsi daya kami pada prosesor AMD FX-8350 disini)

Selanjutnya, kami tertarik melihat sebuah informasi yang menyatakan bahwa prosesor ini digaransi untuk bisa berjalan pada clockspeed 5Ghz menggunakan aircooling, walau tidak dijelaskan apa solusi aircooling yang digunakan AMD untuk mencapai clock ini. Berdasarkan informasi yang kami terima dari rekan-rekan kami di JagatReview OC Team, kebanyakan prosesor AMD FX ‘Vishera’ bisa berjalan harian dengan stabil pada rentang frekuensi 4.5-4.6 Ghz, dan ada juga yang bisa mencapai 4.8Ghz atau lebih. Namun cukup jarang mereka menemui prosesor AMD FX yang benar-benar stabil harian di 5 Ghz. Ini berarti, prosesor AMD FX ‘Centurion’ mungkin merupakan prosesor yang sudah mengalami proses seleksi yang lebih ketat dari prosesor AMD FX biasa. Hmm, bagaimana overclockability prosesor ini saat menggunakan Liquid Nitrogen(LN2) ya?

Mungkinkah AMD FX ‘Centurion’ menyentuh clock diatas 8Ghz dengan pendingin LN2?

Prosesor AMD FX Centurion akan dijual dalam jumlah terbatas alias limited edition. Sedangkan untuk harga, diperkirakan prosesor AMD FX Centurion akan dijual pada kisaran harga hampir 4 kali lipat dari harga FX 8350 yaitu $795. Harga ini mengingatkan kami pada prosesor AMD FX generasi lama, seperti FX-60 ($1031), dimana prosesor seri ini dijual pada harga premium. Di samping itu, harga seperti ini juga membuat prosesor AMD FX Centurion akan menghadapai prosesor Intel seri Extreme seperti Core i7 3930K atau Core i7 3960X.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Tertarik untuk memiliki prosesor AMD FX kelas premium ini?

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES