in: Gadget | April 19, 2013 | by: Dimas Galih Windujati

Review Blackberry Z10: Smartphone yang Tidak Hanya untuk BBM Saja!

“Ah, Blackberry cuman buat BBM doang”, “Ngapain beli ponsel mahal-mahal cuman buat BBM doang”, “BB? Bisa main Angry Birds ga?”, “Mending beli Android yang harganya sejutaan daripada beli BB yang ga bisa dipake buat main”. Masih banyak lagi cemoohan mengenai Blackberry yang tidak bisa kami utarakan disini. Memang, kami pun setuju sebelumnya sebuah Blackberry sulit untuk digunakan dalam bekerja. Kalau pun bisa dipakai buat bekerja, sudah pasti ada permasalahan dalam konsumsi baterai dan jumlah memori yang digunakan. Selain itu, pengguna pun juga kesulitan dalam menemukan aplikasi game yang memadai pada OS7 ke bawah.

Beberapa saat yang lalu, kami kedatangan sebuah perangkat sampel Blackberry pertama yang memakai sistem operasi Blackberry 10, yaitu Blackberry Z10. Berbeda dengan perangkat Dev SDK Beta 3 yang pernah kami dapatkan, kali ini kami mendapatkan versi sampel finalnya. Bisa dikatakan bahwa versi yang kami dapatkan sama dengan versi retailnya. Yang paling unik dari perangkat dengan sistem operasi Blackberry 10 ini adalah lepasnya ketergantungan jalur data dengan Blackberry Internet Service. Jadi, Anda tetap bisa melakukan aktivitas pada BB dengan paket internet paling murah yang ditawarkan oleh operator seluler atau dengan WiFi saja.

Lalu, apakah perangkat yang “hanya untuk BBM” lebih baik dari para pendahulunya?

Perangkat yang kami dapatkan memiliki nomor seri STL100-1. Hal tersebut menandakan bahwa versi Blackberry Z10 yang kami dapatkan berbeda dengan versi yang diresmikan di Amerika beberapa waktu yang lalu.  Pada versi LTE-nya, BBZ10 memang menggunakan SoC Qualcomm MSM8960 yang memang terkenal sangat bertenaga saat memberikan tenaga untuk perangkat Android. Akan tetapi, pada versi 3G Only-nya ini, Blackberry Z10 STL100-1 menggunakan SoC TI OMAP 4470 yang menggunakan prosesor dual core Cortex A9 berkecepatan 1,5 GHz serta GPU PowerVR SGX 544. Memori yang terpasang didalamnya meliputi RAM berkapasitas 2 GB serta memori internal 16 GB. Pada bagian belakangnya, terdapat sebuah slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan BBZ10. Versi OS yang kami dapatkan masih menggunakan 10.0.10.648.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES