in: Notebook / Laptop | April 26, 2013 | by: Bimanto

Review Samsung NP535U4X: Ultrathin dengan Dual Graphics AMD Radeon

Kalau pesaingnya mempunyai Ultrabook, maka dari kubu si merah mempunyai perangkat mobile yang dinamakan UltraThin. Kurang lebih perangkat ini mempunyai dimensi layaknya notebook dengan ukuran layar 14″ tetapi tipis sehingga UltraThin mempunyai bobot yang lebih ringan. Dengan begitu Anda pasti tidak akan terbebani untuk membawanya. Untuk spesifikasi yang diusungnya pastinya menggunakan prosesor AMD dan graphics on prosesor Radeon atau lebih dikenal dengan AMD APU (accelerated processing unit). Beberapa vendor pembuat notebook saat ini telah mulai membanjiri pasar dengan UltraThin notebook dan salah satunya adalah Samsung dengan seri NP535U4X.

Samsung NP535U4X mempunyai dimensi layaknya notebook berukuran layar 14″  tetapi bila Anda bandingkan dengan notebook biasa, terlihat lebih tipis dan ringan. UltraThin Samsung NP535U4X menggunakan finishing casing berwarna silver matte dengan guratan khas alumunium di sekujur tubuhnya, membuat perangkat ini terlihat mewah. Bila Anda genggam, Samsung NP535U4X terasa solid dikarenakan penggunaan bahan alumunium pada bagian handrest dan bagian penutup layar LCD-nya. Ketebalan ultrabook ini hanya 25 mm dengan berat hanya 1,8kg, cukup nyaman untuk dibawa-bawa saat melakukan aktivitas mobile menurut kami dan tidak mengurangi kenyamanan dengan layar berukuran 14″-nya.

 

Di dalam casing Samsung NP535U4X yang cukup tipis ini, Anda akan menemukan spesifikasi yang cukup mumpuni menjalankan aplikasi menengah keatas dengan lancar. Spesifikasi apa saja yang ditanamkan Samsung di dalam UltraThin ini, Anda dapat melihatnya di tabel di bawah ini.

Spesifikasi
Processor AMD A8-4555M
Speed 1.6GHz Cache 4MB
Memori DDR3 8GB
Storage Hard disk 1TB
Graphics AMD Radeon HD 7600G + HD 7550M
Layar 14.4″ 1366×768
Interkoneksi wifi 802.11bgn dan bluetooth V4.0
USB 2.0 1
USB 3.0 2
Display Port 1
HDMI 1
Audio In/out 1
Ethernet 1
Card reader 1
Optical Drive DVDRW
Berat (kg) 1.809
Berat+Charger (kg) 2.014

Perangkat ini dibekali dengan prosesor AMD APU A8 4555M yang mempunyai empat core dengan kecepatan 1.6GHz  dan telah ter-integrated  graphics AMD Radeon HD 7600G di dalamnya dengan total TDP hanya 17 Watt. Masih terasa kurang dengan graphics yang diberikan? Anda akan menemukan graphics kedua AMD Radeon HD 7550M yang akan dijalankan secara Crossfire bila Anda gunakan untuk bermain game yang memerlukan kinerja yang tinggi. Untuk memory RAM DDR3, UltraThin ini cukup royal, Anda akan mendapatkan RAM sebesar 8GB yang sangat cukup untuk menunjang kinerja prosesor. Kapasitas penyimpanan data juga cukup luas, Anda dapat menyimpan berbagai file multimedia dan data-data Anda pada hard disk berukuran 1TB.

 

 

Ukuran layar yang digunakan juga cukup nyaman digunakan karena menggunakan ukuran sebesar 14″ dengan resolusi 1366×768. Samsung NP535U4X menggunakan layar glossy yang nantinya akan sedikit mengganggu Anda saat digunakan karena akan menangkap bayangan di sekitar Anda. Namun, Anda dapat meminimalisasikannya dengan menaikkan tingkat brightness. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES