in: Gadget | April 24, 2013 | by: Dimas Galih Windujati

Review Sony Xperia Z: Smartphone Android Quad Core dengan Exmor RS serta Tahan Debu dan Air

Sepertinya smartphone buatan Sony tidak henti-hentinya dibuat untuk tahan dari kotoran, debu, dan juga air. Setelah sukses dengan Xperia Go, Xperia Acro S, dan Xperia V, kali ini Sony mengeluarkan smartphone yang tidak hanya tahan air dan debu saja. Sony mengklaim bahwa kali ini mereka memasukkan semua keunggulan produk-produk Sony seperti Cybershot dan Walkman ke dalam produk terbarunya ini. Sony menamakan smartphone terbarunya dengan nama Sony Xperia Z.

Sony Xperia Z pun juga memiliki desain yang berbeda dari smartphone-smartphone lainnya, termasuk smartphone Sony generasi sebelumnya. Sony membuat sebuah smartphone dengan unibody yang dilapisi dengan Tempered Glass. Tempered Glass sendiri lebih tahan pecah dibandingkan dengan kaca-kaca pada umumnya. Walaupun begitu, lebih tahan pecah bukan berarti tidak bisa retak. Oleh karena itu, Sony juga telah melapisi tempered glass tersebut dengan sebuah film yang dapat lebih menahan retakan. Akan tetapi, kami sangat menyarankan bagi Anda yang memiliki smartphone ini agar menggunakan sebuah case sehingga lebih dapat melindungi kaca pelindung smartphone ini dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pada smartphone yang satu ini, Sony juga memperkenalkan sensor terbaru mereka, Exmor RS. Dengan resolusi 13,13 megapiksel, Sony memasangkan lensa dengan tingkat aperture F2.2 sehingga saat mengambil gambar pada tempat gelap maupun tertutup bayangan, warna yang didapatkan masih lebih cerah dibandingkan sensor kamera lainnya. Selain itu, pada Exmor RS juga membuat para penggunanya dapat merekam video dengan mode High Dynamic Range, sehingga saat latar belakang memancarkan cahaya yang lebih terang, obyek yang menjadi fokus perekaman tidak terlihat gelap.

Untuk sertifikasi tahan debu dan tahan air, seperti smartphone Sony sebelumnya, Sony telah memenuhi standarisasi untuk yang satu ini. Adalah IP55 dan IP57 untuk rating Ingred Protection Rating yang dipenuhi oleh Sony di mana IP55 mengharuskan sebuah perangkat untuk tahan terhadap debu dan IP57 mengharuskan ketahanan terhadap air pada kedalaman 1 meter dan selama 30 menit.

Sony Xperia Z menggunakan System on Chip Qualcomm APQ8064 dengan prosesor Krait quad core berkecepatan 1,5 GHz dan GPU Adreno 320. Memori RAM yang dipasangkan di smartphone ini berkapasitas 2 GB. Untuk memori internalnya, Sony sudah memasangkan memori NAND Flash yang dapat dipakai oleh pengguna sebesar 16 GB tambah adanya slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Untuk ukuran layarnya, terpasang layar sebesar 5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 dan memiliki kerapatan piksel 441 PPI serta menggunakan layar tahan goresan. Sistem operasi yang digunakan smartphone ini, sayangnya, masih menggunakan Jelly Bean 4.1.2 saat kami uji. Unit yang kami dapatkan memiliki kode C6602 yang berarti tidak memiliki konektivitas terhadap LTE.

Paket Penjualan

Beginilah paket penjualan dari smartphone Sony Xperia Z.

Di dalam paket penjualan tersebut, dapat ditemukan perlengkapan-perlengkapan seperti berikut ini:

Adaptor / Charger
Kabel USB
Earphone
Earbuds
Dokumentasi
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES