in: Graphics Card | April 29, 2013 | by: Gatot Tri Yuwono

Review VGA ASUS Matrix HD 7970 Platinum: AMD Tahiti XT Terbaik dan Terkencang dari ASUS

Graphics Card 

ASUS Matrix HD 7970 Platium hadir dengan desain PCB non-reference dan sistem pendingin andalan produsen ini bernama DirectCU II. Graphics card ini hadir dalam ukuran 284,48 (p) x 139,7 (l) x 63,5 (t) mm dengan desain triple-slot cooling. Dengan ukuran seperti itu, pastikan casing komputer memiliki ruang cukup luas dan bersiaplah untuk mengorbankan 2 buah slot ekspansi pada motherboard.

Sistem pendingin DirectCU II dilengkapi 2 buah kipas dengan diameter setiap kipas sebesar 100 mm. Sistem pendingin ini dilengkapi 5 buah heatpipe untuk mengalirkan panas dari baseplate tembaga menuju sirip-sirip heatsink dari bahan alumunium.

Pada sisi atas PCB terdapat sebuah pelat metal berwarna hitam dimana komponen ini berfungsi mendinginkan chip memori dan juga komponen VRM.

Pada sisi bawah PCB juga dapat ditemukan sebuah pelat metal meskipun komponen ini tidak berperan dalam mendinginkan komponen di bawahnya. Pelat metal disini berfungsi melindungi komponen dibawahnya dari kerusakan akibat benturan dan juga mencegah papan PCB melengkung.

Untuk menguji kemampuan sistem pendingin DirectCU II, kami menjalankan aplikasi Unigine Heaven dan mendapatkan hasil seperti di bawah ini.

AMD HD 7970 GHz Edition reference

  • Full-load : 79 °C (fan speed: Auto @44%)
  • Idle : 42 °C (fan speed: Auto @20%)

ASUS Matrix HD 7970 Platinum

  • Full-load : 68 °C (fan speed: Auto @32%)
  • Idle : 33 °C (fan speed: Auto @10%)
Walaupun ASUS Matrix HD 7970 Platinum memiliki spesifikasi clock lebih tinggi, graphics card ini ternyata dapat beroperasi pada temperatur lebih rendah dibandingkan Radeon HD 7970 GHz Edition reference tanpa menimbulkan kebisingan yang berarti.
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES