in: Digital Camera - News - Photography | April 19, 2013 | by: Bhisma Sidarto

Sigma Perkenalkan Lensa Zoom 18-35mm f/1.8

Memiliki sebuah lensa dengan diafragma F/1.8 adalah impian dari semua fotografer. Sebelumnya lensa dengan bukaan selebar ini hanya bisa didapatkan dalam bentuk lensa dengan focal length yang tetap, lensa zoom yang telah beredar dipasaran padaa saat ini umumnya mempunyai f/stop maksimal pada 2.8. Ditambah lagi untuk mendapatkan bukaan yang tetap sepanjang rentang zoom mengharuskan penggunaan gelas dengan kualitas tinggi karena harga tersebut akan menjadi cukup mahal.

Sigma yang terkenal sebagai salah satu produsen lensa 3rd party terdepan memperkenalkan sebuah lensa yang bisa dikatakan mengejutkan pasaran. Ini adalah lensa zoom pertama yang mengusung diafragma f/1.8, bahkan produsen seperti Canon, Nikon dan Sony belum mampu menembus batasan ini. Yang lebih mengejutkan lagi adalah lensa tersebut memiliki f/stop yang tetap sepanjang rentang zoom. Tidak banyak lensa zoom dipasaran yang memiliki kemampuan ini.

Memiliki nama lengkap Sigma 18-35mm f/1.8 DC HSM, lensa ini memiliki berat 810 gram dengan panjang 121mm. Sebagai bandingan, lensa Canon 24-70mm f/2.8 mempunyai berat 953 gram dan panjang 124mm. Terlihat bahwa lensa baru ini memiliki dimensi yang lebih pendek dan lebih ringan dari Canon. Faktor ini tentunya membuat lensa tersebut lebih nyaman dipakai.

Lensa ini diperuntukkan untuk kamera yang menggunakan APS-C sensor sehingga  focal length “nyata”nya adalah kurang lebih 27-52.5mm. Penyebabnya adalah semua lensa yang dipasangkan pada DSLR yang menggunakan APS-C sensor dibatasi oleh crop factor 1.5x. Cukup menarik menunggu apakah lensa ini juga akan muncul kamera full frame? Ataukah lensa telah berada dibatasan ilmu optik pada saat ini?

Gallery Photo

Harga resmi dari lensa ini belum diumumkan, tetapi banyak pihak berspekulasi bahwa harga nya kurang lebih USD $ 999. Untuk lensa dengan spesifikasi seperti ini harga bisa dikatakan cukup murah. Tapi mahal dan murah bergantung kepada manfaat yang didapatkan oleh penggunanya

Sumber: Petapixel

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES