[PR] Microsoft bekerja sama dengan Intel dorong modernisasi bisnis UKM di Indonesia melalui TI

Reading time:
May 10, 2013
Micro Intel

Kompetisi IT Makeover untuk UKM pertama di kawasan Asia Pasifik, dengan penghargaan hingga 15.000 USD berupa software Microsoft, perangkat notebook dan tablet, serta layanan proses migrasi

Jakarta, 10 Mei 2013 – Microsoft menghimbau ribuan usaha kecil dan menengah (UKM) di seluruh kawasan Asia Pasifik untuk memodernisasi infrastruktur TI mereka, sebelum berakhirnya dukungan Microsoft untuk Windows XP dan Office 2003 pada 8 April 2014.

Untuk menyukseskan program ini, Microsoft melakukan beberapa pendekatan, mulai dari:

  • siaran webcast bersama Intel dan Forrester Research;
  • penawaran harga menarik Get2Modern untuk pembelian Windows 8 Pro dan Office 2013 melalui program Open License;
  • penawaran upgrade perangkat notebook dan tablet Windows 8 Pro; dan
  • Get2Modern SME IT Makeover contest tingkat nasional dan tingkat regional Asia Pasifik.

UKM yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan penawaran ini adalah perusahaan dengan jumlah PC di bawah 50 unit. Melalui inisiatif ini, Microsoft ingin memberikan manfaat lebih serta insentif bagi UKM dalam memaksimalkan kinerja sistem TI mereka.

Amalia FahmiDirector Small Medium Solutions & Partner, Microsoft Indonesia, mengatakan, “Hampir 99,9% organisasi bisnis di Indonesia diwakili oleh UKM.[1] Mereka merupakan tulang punggung ekonomi karena melibatkan banyak tenaga kerja dan memberi kontribusi yang signifikan terhadap produktivitas ekonomi, kinerja ekspor, serta pendapatan negara. Sayangnya, banyak UKM masih berkutat dengan teknologi dan proses TI yang usang, sehingga tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan kolaborasi, produktivitas, adaptasi bagi tenaga kerja lintas-generasi, serta keamanan sistem. Melalui upaya ini, kami ingin mengajak UKM beralih dari teknologi Windows XP dan Office 2003 yang sudah usang, untuk meraih produktivitas lebih tinggi, keamanan sistem lebih baik, serta manfaat dari layanan komputasi awan yang efisien biaya.”

Studi IDC baru-baru ini mencatat bahwa 75% perusahaan di kawasan Asia Pasifik telah mengadopsi atau berencana mengadopsi enterprise social tools dalam upaya meningkatkan kolaborasi dan memangkas biaya operasional.[2] Fitur kolaborasi dan komunikasi yang ditawarkan oleh versi terbaru Office dan Windows dirancang untuk memenuhi kebutuhan para pekerja mobile yang tumbuh pesat. IDC memperkirakan jumlah pekerja mobile di Asia Pasifik akan naik dari 601,7 juta pada tahun 2010 menjadi 838,7 juta tahun 2015.[3]

Selain itu, UKM yang masih menggunakan Windows XP dan Office 2003 perlu mengetahui bahwa Microsoft tidak akan lagi memberikan dukungan untuk produk-produk ini, sehingga mereka akan menghadapi risiko keamanan, privasi, serta kompatibilitas perangkat lunak, tanpa dapat meminta bantuan siapa pun, sehingga berakibat pada downtime dan biaya kepemilikan (total cost of ownership atau TCO) yang lebih tinggi.

Lucky GaniBusiness Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia, mengatakan, “Berdasarkan data dari Security Intelligence Report Volume 14 edisi April 2013, PC yang masih menggunakan Windows XP SP3 2,5 kali lipat lebih rentan daripada PC dengan Windows 7 SP1, atau sekitar 14 kali lebih rentan daripada PC Windows 8.[4] Versi Windows terbaru juga menawarkan fitur keamanan lebih baik seperti Windows Defender, Early Launch Anti-Malware, dan SmartScreen Filter. Fitur-fitur ini membantu pengguna mengamankan informasi mereka serta melindungi PC dari risiko yang dapat membahayakan kegiatan bisnis.”

Kompetisi IT Makeover untuk UKM

Mulai 1 Mei 2013, Microsoft mengundang pebisnis UKM di Indonesia untuk berpartisipasi dalam Get2Modern SME IT Makeover Contest yang memberi kesempatan memodernisasi kegiatan bisnis mereka dengan perangkat notebook dan tablet Windows 8 Pro, dukungan Office 365 Small Business Premium, dengan layanan migrasi secara gratis, senilai 6.000 USD. Pemenang di setiap negara juga mendapat kesempatan menjadi pemenang di tingkat Asia Pasifik, yang akan dipilih dengan sistem vote pada bulan Juli 2013 untuk memenangkan hadiah senilai 9.000 USD berupa software Microsoft, perangkat notebook, tablet, serta layanan migrasinya. UKM yang berminat dapat mengunggah video atau foto dari tempat mereka bekerja saat ini, serta mengisi formulir isian online untuk menjelaskan mengapa mereka tertarik untuk memodernisasi sistem TI mereka dengan Windows 8 dan Office 2013. Kompetisi Get2Modern SME IT Makeover Contest ini berlangsung mulai 1 Mei 2013 hingga 15 Juni 2013.

Saat yang tepat untuk memodernisasi TI

Tidak dapat dipungkiri bahwa PC merupakan pusat kegiatan produktif bagi hampir semua UKM. Apabila dianalogikan dengan mengendarai mobil berusia 11 tahun, masih banyak pebisnis UKM membiarkan karyawannya bekerja dengan sistem TI yang telah berumur 11 tahun. Dengan semakin dekatnya akhir dukungan bagi Windows XP dan Office 2003, inilah saat yang tepat bagi UKM untuk memutuskan bahwa solusi TI modern tidak hanya mendukung, namun juga memungkinkan bisnis mereka berkembang dan menjadi lebih produktif.

Sebagai bagian dari kampanye ini, Microsoft meluncurkan promosi upgrade Get2Modern yang menyasar UKM di Indonesia dan di seluruh kawasan Asia Pasifik. UKM dapat menikmati penawaran harga khusus Windows 8 Pro dan Office 2013 melalui program Open License, serta layanan upgrade perangkat keras notebook dan tablet Windows 8 Pro.

Selain itu, Microsoft dan Intel menggelar webcast dengan topik migrasi Windows XP dan Office 2003 pada tanggal 14 Mei 2013, menghadirkan pembicara dari Microsoft, Intel, dan Forrester Research. Dalam sesi diskusi online yang ditujukan bagi UKM ini, para pakar akan berbagi pengalaman serta alasan penting untuk migrasi ke platform terbaru, serta pentingnya migrasi bagi akselerasi pertumbuhan bisnis.

Michael BarnesVice President & Research Director, Forrester Research, mengutarakan pendapatnya tentang berakhirnya dukungan bagi Windows XP. “Sejak diluncurkan lebih dari satu dekade lalu, Windows XP terbukti telah menjadi pendukung keandalan dan kinerja bisnis. Meski demikian, industri terus berkembang dan banyak sekali kemajuan yang telah dicapai. Teknologi tidak lagi sekadar digunakan. Kita telah membangun hubungan demikian erat dengan teknologi, terutama akibat kemajuan teknologi yang makin disesuaikan dengan lokasi dan konteks kebutuhan untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik. Meskipun komputasi desktop tidak akan sepenuhnya menghilang, tuntutan dan harapan pengguna menegaskan bahwa keandalan dan kinerja tetap dibutuhkan. Dengan segera berakhirnya dukungan Microsoft terhadap Windows XP pada April 2014, kalangan usaha perlu segera mengambil tindakan untuk memastikan bahwa mereka memilih platform yang dapat mendukung bisnis dan memenuhi kebutuhan bisnis mereka pada dekade yang akan datang.”

Nadia SteereDirektur Intel Software & Services Group, Microsoft Marketing Alliance, menambahkan, “Penggunaan Windows 8 pada perangkat berbasis prosesor Intel dalam migrasi dari Windows XP akan memberikan keamanan, kemudahan pengelolaan, kinerja, daya tahan baterai serta TCO yang lebih baik. Arsitektur Intel menyediakan integrasi yang mulus serta kompatibilitas terbaik. UKM akan memperoleh aplikasi, periferal, serta driver yang kompatibel, menjamin integrasi Windows 8 Enterprise yang mulus sekaligus melindungi investasi mereka untuk infrastruktur.”

Microsoft memperkenalkan laman Windows Upgrade Centreuntuk memberi informasi kepada UKM di Indonesia tentang berakhirnya dukungan terhadap Windows XP dan Office 2003, termasuk berbagai materi dari sejumlah pakar dan dari Microsoft.



[1] Rencana Strategis Kementerian Koperasi dan UKM RI, 2010 – 2014

[4] Diukur berdasarkan sistem operasi versi 32-bit

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…