in: Digital Camera - News | May 27, 2013 | by: Bhisma Sidarto

Seberapa Kuatkah Sebuah DSLR Kelas Atas?

DSLR terkenal sebagai salah satu jenis kamera yang cukup tangguh dalam menghadapi berbagai macam perlakuan yang terjadi dilapangan. Hal ini menjadi lebih penting bagi mereka yang menggunakan kamera tersebut sebagai sarana mata pencarian mereka. Ketangguhan sebuah DSLR kelas atas adalah  salah satu alasan mengapa fotografer profesional memilih kamera jenis ini.

ice (1)

Tetapi seberapa tangguhkah sebuah DSLR yang diperuntukan untuk kaum profesional ini? Sebuah website asal Perancis bernama Pixelistes mencoba menguji sebuah Nikon D3s dalam berbagai kondisi yang cukup ekstrem. Menguji mungkin bukanlah kata yang tepat untuk menggambarkan hal-hal yang dilakukan, mungkin lebih tepatnya disebut sebuah penyiksaan.

 

Hal apa sajakah yang “diujikan” kepada kamera tersebut?

shower

Pertama-tama mengambil foto di dalam shower. Tentunya hal ini tidak mungkin dilakukan oleh fotografer manapun. Kecuali mungkin jika memang objek foto Anda memang sedang mandi.

mud

Berikutnya mereka menaruh kamera tersebut diatas sebuah tripod dan menjatuhkannya kedalam lumpur, berkali-kali. Sekali lagi perlakuan yang sangat jarang ditemui pada kamera biasa. Kecuali Anda memang sedang mengambil gambar pertandingan gulat lumpur.

water

Selanjutnya kamera ini ditaruh kedalam sebuah ember berisi air, lalu…..

ice (1)

 

Kemudian dibekukan. Tentunya hal itu hampir mustahil ditemukan dalam kondisi apa pun. Kecuali mungkin Anda sedang mengambil gambar Polar Bear di Antartika.

fire

 

Dan sebagai penutup, kamera tersebut dibakar dalam tumpukan kertas.

Apakah kamera tersebut selamat? Secara mengejutkan kamera tersebut masih selamat dan masih berfungsi dengan baik.  Lebih lengkapnya dapat dilihat di video dibawah ini.

Penasaran apakah DSLR biasa dapat melewati perlakuan yang kasar seperti diatas? Ada baiknya menyimak dua buah video “serius” dari crew DigitalRev dibawah ini.

DSLR memang dibuat dengan tingkat ketahanan yang lebih dibandingkan dengan kamera jenis lainnya. Tetapi tentunya bukan berarti bahwa kamera tersebut boleh diperlakukan dengan kasar, Rawatlah perlengkapan Anda maka niscaya perlengkapan akan melayani Anda dengan baik.

Sumber: Petapixel

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES