in: Popular Science | May 7, 2013 | by: Friska Suryawinata

Urbee: Mobil Hasil Teknologi 3D Printing

Perkembangan teknologi 3D printing selain berguna di bidang kesehatan juga semakin berkembang di bidang lainnya. Salah satu yang cukup unik dan banyak mendapat sorotan sejak 2010 lalu di Las Vegas adalah Urbee, sebuah mobil yang terbuat dari teknologi 3D printing. Mobil yang merupakan hasil karya dari Jim Kor ini merupakan sebuah revolusi dalam industri otomotif di masa depan, di mana seluruh bodi mobil Urbee yang beroda tiga ini dibuat menggunakan 3D printing berbahan plastik yang ringan dan lebih efisien dari besi baja yang jauh lebih berat.

Printer yang digunakan oleh Kor membuat plastik ABS dari Fused Deposisition Modelling (FDM). Printer ini menyemprotkan polimer cair untuk membuat kerangka mobil dengan lapisan mikroskospik hingga menjadi bentuk yang sempurna. Mesin akan secara otomatis membangun konstruksi mobil dari setiap bagiannya, di mana Kor hanya perlu meng-upload desainnya untuk kemudian diproses hingga selesai. Untuk dapat membentuk sebuah mobil utuh dengan panjang 3 meter membutuhkan waktu sekitar 2.500 jam.

Membuat body mobil menggunakan FDM dapat mengatur secara tepat apa yang tak bisa dilakukan dengan menggunakan besi baja. Kor dapat mendesain bagian lekukan mobil yang umumnya membutuhkan sambungan dengan langsung menempelkan bagian tersebut satu dengan yang lain tanpa harus menggunakan sambungan. Selain itu, bobot yang dihasilkan juga lebih ringan dari mobil biasa, yaitu hanya sekitar 545 kg saja.

Tidak semua bagian akan terbuat dari plastik, tentunya. Kor mengatakan bahwa mesin utama akan tetap menggunakan mesin mobil standar. Walaupun begitu, ia dan timnya tetap berpikir bagaimana caranya untuk dapat membuat mesin yang juga efisien untuk digunakan dalam Urbee. Kecepatan yang diusung oleh mobil hasil 3D printing ini akan sebesar 10 tenaga kuda dalam kecepatan masimal.

Urbee mungkin bukanlah mobil yang bisa digunakan layaknya mobil pada umumnya, karena Kor lebih mengutamakan keselamatan mengemudi ketika memikirkan konsep Urbee. Sehingga Urbee ini akan lebih cocok untuk para pengemudi yang selalu berhati-hati ketika mengendari kendaraan bermotor dan tidak suka kendaraan yang terlalu kencang lajunya.

Saat ini, Kor sudah mendapatkan 14 permintaan untuk membuat Urbee untuk penggunaan pribadi dengan harga estimasi dari prototype-nya sebesar USD 50.000 per buah.

(via Wired)

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES