in: News | June 11, 2013 | by: Cerira

Cina Kembangkan Tianhe-2, Superkomputer Tercepat di Dunia

Di era digital ini, hampir semua negara ingin menjadi yang terdepan dalam hal teknologi maju. Salah satu negara yang juga turut mengembangkan teknologi maju tersebut adalah Cina. Negara Tirai Bambu tersebut senantiasa menciptakan inovasi teknologi yang membuatnya semakin diakui sebagai salah satu negara berteknologi maju di dunia. Pada laporan terakhir, Cina mengumumkan telah berhasil mengembangkan superkomputer terbaru bernama Tianhe-2 yang diklaim sebagai komputer paling cepat di dunia saat ini.

supercomputer-t2-620xa

Superkomputer ini merupakan lanjutan dari versi pertama Tianhe-1 yang diluncurkan tahun 2010 lalu. Dengan superkomputer pertama tersebut, Cina berhasil memasukkannya dalam jajaran Top 500 superkomputer pada ajang International Supercomputing Conference bersama dengan beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman. Tahun ini nampaknya Cina akan mengulang kesuksesannya dalam ajang yang sama yang akan digelar bulan Juni 2013 ini. Keberadaan Tianhe-2 yang memiliki julukan Milkyway-2 tersebut diungkapkan oleh National University of Defense Technology (NUDT) Cina saat acara konferensi akhir Mei lalu.

John Dongarra, profesor dari Universitas Tennessee pun mengonfirmasikan kebenaran tentang superkomputer tersebut dan menyatakan bahwa Tianhe-2 mampu beroperasi dengan kecepatan 30.7 petraflop per detik. Rekor ini rupanya mengalahkan superkomputer dari  Amerika Serikat bernama Titan yang sebelumnya meraih gelar sebagai superkomputer tercepat di dunia dengan kecepatan 17.6 petraflop per detik. Dongarra yang juga peneliti di Oak Ridge National Laboratory yang mengembangkan Titan menyatakan bahwa Tianhe-2 mampu memberikan kecepatan hampir dua kali lipat dibanding Titan.

Superkomputer yang masih harus menjalani serangkaian uji coba resmi tersebut akan memberikan layanan komputasi terbuka dengan performa tinggi untuk wilayah Cina Barat Daya saat di akhir tahun nanti akan dipindah ke Chinese National Supercomputer Center di Guangzhou. NUTD mendaftar sejumlah penggunaan yang mungkin memanfaatkan superkomputer tersebut, termasuk di antaranya adalah simulasi untuk uji coba pesawat terbang, pemrosesan data raksasa dan membantu dalam keamanan pemerintah.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES